get app
inews
Aa Read Next : Agung Nugroho Layak Didukung PKS Maju Walikota Pekanbaru, Trust Indonesia: Elektabilitasnya Tinggi

Trust Indonesia Tanggapi Soal Elektabilitas Kaesang Tertinggi di Jawa Tengah

Minggu, 07 Juli 2024 | 22:30 WIB
header img
Direktur Eksekutif Trust Indonesia, Azhari Ardinal. (Foto : Istimewa/MJ)

JAKARTA, iNewsBogor.id - Hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang dirilis baru-baru ini menyebut nama putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep berada di posisi puncak elektabiitas serentak mendapat beragam tanggapan, salah satunya Trust Indonesia.

Direktur Eksekutif Trust Indonesia, Azhari Ardinal mengapresiasi hasil survei tersebut mengingat LSI merupakan lembaga survei resmi yang terverifikasi KPU. Namun demikian Trust Indonesia dalam kapasitas lembaga memberikan sejumlah catatan kritis terkait hal tersebut.

“Potret Statistik yang tampil melalui hasil survei tersebut menjadi gambaran bagaimana sebenarnya peluang masing masing kandidat di pilgub Jawa Tengah,” kata Ardinal dalam pernyataan tertulis di Jakarta, Minggu (7/7/2024).

Oleh karena itu, tambah Ardinal, terkait hasil survei LSI (pada simulasi 21 nama) Kaesang menempati posisi pertama dengan elektabilitas 15,9 persen, itu sah-sah saja. Pun ketika dibuat dengan skema 6 nama, elektabilitas Kaesang berada pada level 25,6 persen.

“Boleh jadi, Kaesang mendapat efek dari nama besar bapaknya Presiden Jokowi. Atau biasa dikenal sebagai Jokowi Effect. Efek itu terang saja amat menguntungkan Kaesang Pangarep jika maju dalam kontestasi Pilkada,” terangnya.

Editor : Furqon Munawar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut