get app
inews
Aa Read Next : Kisah Kesabaran Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas, Dituduh Sembunyikan Pukulan Bedug hingga Diusir

Tradisi Sidekah Bumi di Mulyaharja Jadi Daya Tarik Wisatawan Mancanegara

Senin, 08 Juli 2024 | 18:44 WIB
header img
Sidekah Bumi dan Festival Jajanan Lembur dihadiri langsung Sekda Kota Bogor, Syarifah Sofiah. (Foto : Istimewa)

BOGOR, iNewsBogor.id - Tradisi Sidekah Bumi Lembur Sawah dan Festival Jajanan Lembur kembali digelar oleh warga Lembur Sawah, Kelurahan Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Minggu (7/7/2024).

Sidekah Bumi ini merupakan tradisi masyarakat di Lembur Sawah sejak puluhan tahun lalu, sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala karunia dan hasil panen yang melimpah ruah.

"Sampurasun, mangga kalebet, linggih," sapa seorang perempuan mengenakan kebaya saat wisatawan berdatangan, untuk melihat prosesi Sidekah Bumi Lembur Sawah dan Festival Jajanan Lembur.

Rangkaian prosesi ini berlangsung di tengah sejuknya udara pagi yang berhembus di antara pepohonan besar, membuat Lembur Sawah terasa asri lagi memesona.


Sekda Kota Bogor, Syarifah Sofiah saat menjajal alat tiup tradisional terbuat dari bambu di arena Sidekah Bumi dan Festival jajanan Lembur di Mulyaharja. (Foto : Istimewa)

 

Menggunakan pakaian adat sunda, dongdang-dongdang (alat pikul dari bambu berbentuk segi empat seperti tempat tidur) yang berisi hasil bumi dibawa oleh setiap warga dari masing-masing RT dan RW disusun memanjang, kemudian diarak ke depan pintu masuk dan dibagikan kepada warga secara gratis.

Editor : Furqon Munawar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut