get app
inews
Aa Read Next : Ciliwung Care Day 2024, Himasper IPB University Angkut Ratusan Kilogram Sampah

Berapa Volume Sampah Hari Pertama Lebaran yang Dikirim ke Bantar Gebang?

Sabtu, 15 Mei 2021 | 09:22 WIB
header img
Ilustrasi - Tempat Pembuangan Sampah (Pixabay)

BogorRaya, iNews.id -  Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Syaripudin mengungkapkan volume sampah pada hari pertama lebaran tahun ini yang dikirim ke Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat mencapai 2.142 ton. 

Angka ini menurun jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yaitu 2.195 ton.

Pada lebaran haru pertama tahun ini, sampah diangkut ke TPST Bantar Gebang menggunakan 405 rit truk, sedangkan tahun lalu 432 rit truk. Sementara pada H-1 lebaran tahun ini, volume sampah 8.713 ton diangkut ke TPST Bantar Gebang 1.580 rit truk.

"Tonase sampah yang dikirim ke TPST Bantar Gebang beberapa hari sebelum lebaran mengalami kenaikan karena adanya kegiatan pengosongan Dipo dan TPS. Tujuannya, agar para supir truk sampah dapat bersilaturahmi dengan keluarga pada saat Hari Raya Idulfitri," ujar Syaripudin dalam keterangannya, Jumat (14/5/2021).

Dia menambahkan, selama Hari Raya Idul Fitri, TPST Bantar Gebang beroperasi hingga pukul 04.00 WIB dan buka kembali pukul 10.00 WIB. Menurut dia, per hari ini dwelling time atau waktu rata-rata truk sampah mengantre, menimbang dan menurunkan sampah di TPSP Bantar Gebang hanya 3 jam 47 menit. 

"Ini salah satu indikator pengelolaan TPST Bantar Gebang tetap normal," pungkasnya.

Editor : Hilman Hilmansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut