get app
inews
Aa Read Next : Kisah Haru Warga Bogor yang Tidak Bisa Mudik Lebaran 2024

11 Posko Pemeriksaan Tes Antigen Gratis di Jabar untuk Arus Balik

Minggu, 16 Mei 2021 | 18:13 WIB
header img
Ilustrasi - Jalan tol. (Pixabay)

BogorRaya, iNews.id - Volume kendaraan menuju arah Jakarta diprediksi akan mulai mengalami peningkatan setelah lebaran. Bagi pengguna kendaraan yang belum memiliki bukti bebas COVID-19 bisa melakukan tes antigen gratis di sejumlah posko pemeriksaan tes antigen di wilayah Jawa Barat.

Posko itu didirikan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama sejumlah instansi terkait. Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi menegaskan pihaknya akan memperketat pergerakan masyarakat yang akan kembali ke Jakarta. 

"Pada prinsipnya, kami ingin semua masyarakat yang akan ke Jakarta adalah masyarakat yang sehat, tidak terpapar COVID-19. Untuk itu, semua pintu masuk Jakarta akan kita lakukan dengan rapid test antigen," ujarnya. 

Budi dalam rilisnya mengatakan total terdapat posko pemeriksaan 11 titik di wilayah Jawa Barat yang merupakan hasil sinergi antar instansi seperti Kementerian Kesehatan, kepolisian, dan TNI.

Khusus UPPKB Balonggandu ditangani tim Ditjen Perhubungan Darat untuk pemeriksaan acak rapid test antigen bagi pengendara sepeda motor. Random check dipilih karena setelah diinventarisasi ketersediaan alat rapid test dari Satgas COVID-19 maupun Kemenkes harus dibagi agar merata. 

"Walaupun dilakukan random sampling, namun kita harapkan dilakukan pemeriksaan terhadap mayoritasnya," kata Budi.

Budi memastikan 21 rest area dan gerbang tol utama dari Surabaya hingga Jakarta sudah dirikan pos seperti di Balonggandu. Di pos itu akan dilakukan pengujian terhadap masyarakat yang akan menuju  Jakarta. 

"Kalau hasilnya positif nanti akan ada treatment khusus dan tindakan lanjutan dari Kementerian Kesehatan, tapi kalau negatif dapat melanjutkan perjalanan," tambahnya.

Berikut 11 posko pemeriksaan tes antigen di wilayah Jawa Barat: 

1. Posko Nagreg di lingkar Nagreg barat
2. Posko Cileunyi di exit Tol Cileunyi
3. Posko Cikopo di Cikopo
4. Posko Cirebon di exit Tol Ciperna
5. Posko Karawang di Tanjung Pura
6. Posko Banjar di Cijolang
7. Posko Sukabumi di Cibolang
8. Lohbener Indramayu
9. UPPKB Balonggandu
10. Puncak Pass Cianjur
11. Posko Susukan Cirebon

Editor : Hilman Hilmansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut