get app
inews
Aa Read Next : JakCloth Ramadhan di Bogor Bagi-bagi Voucher Buat Belanja di Ramayana, Catat Lokasinya

Berikut Beberapa Cara Yang Perlu Diperhatikan Saat Menjaga Daya Tahan Tubuh Selama Puasa Ramadhan

Jum'at, 01 April 2022 | 20:14 WIB
header img

Lancar tanpa adanya halangan saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan merupakan harapan bagi semua orang yang mejalankannya.

Terlebih lagi selama puasa, setiap umat islam dituntut menahan lapar dan haus mulai dari terbitnya fajar sampai matahari terbenam, bahkan di negara lain ada yang berpuasa lebih dari 12 jam. Dengan begitu, menjaga kesehatan menjadi salah satu  hal yang perlu diperhatikan.

Pada umumnya, seseorang yang tidak memperhatikan kesehatannya bisa saja akan mengalami penurunan daya tahan tubuh yang menyebabkan virus akan lebih mudah menyerang tubuh dan akibatnya tubuh menjadi lemas, mudah lelah hingga bisa jatuh sakit. Hal tersebut tentunya membuat ibadah puasa menjadi terganggu.

Jika sakit sudah menyerang, dari sinilah Anda akan baru menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan. Nah, berikut terdapat beberapa cara yang perlu diperhatikan saat menjaga daya tahan tubuh selama puasa Ramadhan.

1. Konsumsi makanan yang bergizi

Saat adzan maghrib berkumandang, Anda akan disunnahkan untuk segera berbuka puasa dengan sesuatu yang manis. Hal ini juga disarankan karena konsumsi makanan atau minuman manis memang baik untuk mengembalikan energi yang hilang setelah seharian berpuasa.

Akan tetapi, anjuran ini tentu juga harus dibarengi dengan porsi yang cukup. Sebab konsumsi gula berlebihan dapat membuat Anda merasa lebih cepat letih dan lesu. Jadi sebaiknya, tetap perhatikan berapa banyak gula yang masuk ke dalam tubuh, ya.

Sebagai jalan keluar, Anda bisa mengonsumsi asupan manis sehat seperti 3 buah kurma setiap kali berbuka puasa. Selain bergizi, kurma juga lezat, lho!

2. Sempatkan olahraga

Meski berpuasa, rutinitas olahraga sehari-hari tentu tak boleh dilewatkan. Nah untuk menyiasatinya, pilihlah jenis olahraga yang tidak terlalu berat seperti yoga, pilates, jogging, ataupun dengan melakukan gerakan-gerakan workout ringan. Walau memang melelahkan secara fisik, berolahraga sebenarnya termasuk salah satu tips puasa sehat dan kuat.

3. Perbanyak minum air putih

Tips puasa agar tidak dehidrasi tentu saja dengan memperbanyak minum air putih. Perlu diketahui, tak ada perbedaan jumlah asupan air minum yang dibutuhkan tubuh saat berpuasa. Anda akan tetap dianjurkan untuk minum 2 liter air mineral setiap harinya untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Anda bisa melakukan tips puasa agar tidak dehidrasi ini dengan mengikuti pola minum 2-4-2, yaitu 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat makan malam (antara waktu berbuka dan sahur), dan 2 gelas lagi saat sahur. Mudah, bukan?

4. Istirahat yang cukup

Di samping memperhatikan pola makan, lengkapi juga tips puasa sehat Anda dengan tidur yang cukup. Mengapa demikian? Pasalnya, cukup tidur bukan hanya menghindarkan Anda dari rasa ngantuk di siang hari, namun juga akan meningkatkan fokus dan konsentrasi sehingga sangat membantu untuk bisa beraktivitas seperti biasa meski saat berpuasa.

Bagaimana?sudah siap menghadapi Bulan Ramadhan dengan sehat?

Editor : Hilman Hilmansyah

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut