get app
inews
Aa Read Next : Jelang Porprov Jabar 2026, KONI Kota Bogor Memulai Test Fisik dan Cek Kesehatan Atlet

Seberapa Umum Penyakit Asam Urat? Simak penjelasannya!

Minggu, 10 April 2022 | 22:40 WIB
header img
Ilustrasi penyakit asam urat. Foto: Istimewa

BOGOR, iNews.id - Asam urat awalnya mungkin tidak menimbulkan gejala sampai serangan akutnya benar-benar terjadi. Berangsur, gejala asam urat ini dapat semakin melemahkan ketika penyakit ini sudah berlangsung lama (kronis).

Sebagian besar gejala ini biasanya terjadi selama beberapa jam dalam 1-2 hari. Jika tidak diobati, kekambuhan serangan sewaktu-waktu dapat menghambat aktivitas harian.

Pengertian penyakit asam urat (gout) adalah peradangan pada sendi yang terjadi karena kadar asam urat (uric acid) di dalam tubuh yang terlalu tinggi (hiperurisemia).

Penyakit ini merupakan salah satu jenis penyakit arthritis atau radang sendi yang umum terjadi. Kondisi ini secara tiba-tiba bisa menyebabkan persendian terasa sakit, bengkak, dan kemerahan.

Adapun kondisi tersebut bisa memengaruhi satu sendi atau beberapa sendi pada satu waktu.

Persendian yang terkena umumnya di jempol kaki, tetapi sendi lainnya juga bisa terpengaruh, seperti di pergelangan kaki, lutut, siku, pergelangan tangan, dan tangan. Tulang belakang juga bisa terkena meski jarang.

Bila dibiarkan, kondisi ini bisa menyebabkan gout kronis pada penderitanya. Bahkan, seiring waktu, penyakit ini bisa merusak persendian Anda secara keseluruhan.

Seberapa umum penyakit asam urat?

Penyakit asam urat atau gout adalah kondisi yang umum terjadi pada orang dewasa. Dilansir dari Perhimpunan Reumatologi Indonesia, penyakit ini terjadi pada 1-2% orang dewasa dan merupakan kasus arthritis inflamasi terbanyak pada pria.

Gout diperkirakan terjadi pada 13 orang dari 1.000 pria dan 6 orang dari 1.000 wanita. Sementara itu, jenis athritis lain yang sering terjadi pada wanita, yaitu osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.

Penyakit gout dapat dikelola dengan mengurangi beberapa faktor gaya hidup. 

Apa saja tanda dan gejala asam urat?

Pada awalnya, artritis gout bisa tidak menimbulkan gejala yang berarti. Biasanya gejala mulai terasa ketika penyakit ini sudah berlangsung lama dan ditandai dengan serangan asam urat yang tiba-tiba dan terus berulang. Serangan ini pun cenderung sering terjadi pada tengah malam.

Adapun tanda dan gejala asam urat yang paling umum adalah:

  1. Nyeri sendi parah dan mendadak, yang umumnya pertama kali terjadi pada pagi hari.
  2. Sendi bengkak.
  3. Sendi kemerahan.
  4. Sendi terasa hangat dan lunak ketika ditekan.

Gejala atau serangan gout dapat berlangsung selama beberapa hari atau minggu. Namun, pada kasus yang parah, serangan bisa bertahan lebih lama.

Kemungkinan ada tanda­-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter.

Editor : Ifan Jafar Siddik

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut