get app
inews
Aa Read Next : Wabup Madina, Atika Nasution Paparkan Potensi Wisata Daerahnya di Hadapan Sandiaga Uno

5 Destinasi Wisata Favorit di Sukabumi, Wajib Anda Kunjungi! 

Sabtu, 16 April 2022 | 22:23 WIB
header img
Pantai Ujung Genteng Sukabumi. FOTO: ist

SUKABUMI, iNews.id - Jawa Barat memiliki banyak destinasi wisata yang sangat indah dan memukau pengunjung, seperti Sukabumi yang memiliki pemandangan asri dan udaranya sejuk. Sukabumi jadi pilihan beberapa wisatawan untuk healing atau rehat sejenak dari hiruk-pikuk ibu kota.

Banyak tempat wisata di Sukabumi ini wajib kamu kunjungi karena menyuguhkan pesona alam yang menawan dengan udara yang sejuk. Tempat wisata di Sukabumi ini sangat cocok untuk refreshing dan menghilangkan segala kepenatan. Tak hanya menikmati keindahan alam, kamu juga bisa menilik sejarah yang ada di sana. Berikut rekomendasi tempat wisata di Sukabumi yang hits dan populer.

1. Jembatan Gantung Situ Gunung

Jembatan Gantung Situ Gunung atau Jembatan Gantung Situ Gunung diresmikan oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pada Maret 2019.

Jembatan tersebut merupakan jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara. Panjangnya adalah 243 meter dengan lebar 1,2 meter dan berada di ketinggian 107 meter dari dasar tanah.


Jembatan Gantung. FOTO: ist

Selama berada di sana, kamu bisa melihat pemandangan hutan asri yang dikelilingi oleh perbukitan yang megah.

Pengunjung tidak perlu khawatir jatuh karena jembatan sangat aman. Selain itu, petugas akan memasang pengaman sebagai bagian dari standar keselamatan bagi pengunjung.

2. Curug Sawer

Curug Sawer sudah terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan. Tidak hanya itu, beberapa stasiun TV pun pernah meliput Curug Sawer. Dengan ini, tentu sudah tidak ragu lagi akan keindahan Curug Sawer Sukabumi ini.

 


Curug Sawer. FOTO: ist


Jawa Barat dapat dikatakan juara dalam wisata alam. Mulai dari gunung, danau, wisata kebun, dan tentunya air terjun, ada di sini. Air terjun yang cukup menarik perhatian karena keindahannya adalah Curug Sawer yang ada di Sukabumi.

Curug Sawer sudah terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan. Tidak hanya itu, beberapa stasiun TV pun pernah meliput Curug Sawer. Dengan ini, tentu sudah tidak ragu lagi akan keindahan Curug Sawer Sukabumi ini.

Air terjun yang jernih mengalir deras menuruni batuan masuk ke kolam. Udara segar akan langsung menyambut pengunjung ketika menginjakkan kaki di area air terjun. Lembab dan basah area di sekitarnya menambah suasana semakin alami.

Curug Sawer sendiri memiliki tinggi mencapai 35 meter. Aliran airnya turun lurus ke bawah dengan sangat deras. Curug ini berada di sisi tebing batu yang begitu tinggi. Dimana pada sisi tebingnya ditumbuhi dengan tanaman serta semak lebat yang membuatnya tampak asri.

Di bawahnya, terdapat kolam dengan air yang begitu jernih. Di sisi kolam tampak banyak tumpukan batu yang basah karena cipratan air terjun. Tak banyak pengunjung yang berenang karena derasnya air terjun yang turun.

3. Pantai Ujung Genteng

PANTAI Ujung Genteng adalah destinasi wisata yang cocok bagi Anda yang ingin piknik menikmati keindahan alam, pasir putih, suasana asri dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Letaknya di Desa Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.


Pantai Ujung Genteng Sukabumi. FOTO: ist

Pantai Ujung Genteng yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia sungguh mempesona.

Banyak daya tarik yang ditawarkan oleh Pantai Ujung Genteng diantaranya adalah Pasir Putih, Laut yang indah, Sunset dan Penangkaran Penyu.

4. Pantai Palabuhanratu


Pantai palabuhanratu. FOTO: ist

Pelabuhan Ratu merupakan tempat wisata yang indah, eksotis dan terkenal dengan mitos-mitosnya.  Beberapa daya tarik untuk beraktifitas seru di Pelabuhan Ratu yaitu Lokasi Surfing, Ritual Budaya Pesta Laut, Keindahan alam khas Laut, Pasar Ikan dan Sunset.

5. Geopark Ciletuh

Geopark Ciletuh memiliki bentuk menyerupai tapal kuda (amphitheater) dengan diameter sekitar 15 kilometer yang menghadap ke Teluk Ciletuh. Dengan area yang berada dalam naungan UNESCO. Begitu luas, jumlah obyek wisata di Geopark Ciletuh pun sangat banyak, mencapai 70 obyek wisata. Berikut ini adalah beberapa obyek wisata utama yang wajib Anda kunjungi seperti Puncak Darma, Vihara Dewi Kwan In, Curug Cimarinjung, Bukit Panenjoan dan Kasepuhan Sinar Resmi.


Geopark Ciletuh.FOTO: ist


Geopark Ciletuh.FOTO: ist

 

Editor : Hilman Hilmansyah

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut