get app
inews
Aa Read Next : Sanggam Hutapea Ungkap Peran Besar Rizal Ramli dalam Pembangunan Pariwisata Danau Toba

106 Minimun Cycling Kembali Gelar Event Sepeda Road Bike Bangkitkan Pariwisata Sukabumi

Sabtu, 26 Maret 2022 | 11:33 WIB
header img
Bupati Sukabumi Marwan Hamami buka dan lepas peserta “Jajal Ciletuh 2022”. Foto: Caritana

SUKABUMI - 106 Minimun Cycling kembali gelar event sepeda Road Bike dengan nama event “Jajal Ciletuh 2022” yang diselenggarakan di Grand Inna Samudera Beach Hotel (GISBH) sebagai Start dan Finish pada Sabtu 26 Maret 2022.

Jajal Ciletuh 2022 ini merupakan rangkaian kegiatan 106 Minimun Cycling di tahun 2022. 

Event sepeda ini mengambil rute Pelabuhan Ratu sampai Geopark Ciletuh Loop (mengelilingi-red) kembali ke titik Finish di GISBH. Sekitar kurang lebih 315 peserta pesepeda atau gowes barengan mengikuti ajang Jajal Ciletuh 2022. 

Ajang ini pun di ikuti peserta dari berbagai Kota di Indonesia bahkan hadir peserta dari mancanegara yakni; Australia, USA, Slovakia, Thailand, Taiwan, Malaysia, Singapura, Lithuania, Filipina dan dari negara-negara lainnya.

Pelabuhan Ratu yang indah juga tidak luput memberi sensasi tersendiri, rute sejauh 130 kilometer ini tidak membuat peserta terasa lelah sepanjang lomba, karena disuguhkan suasana jalan raya dan pemandangan tepi pantai yang sangat memukau.

Ajang yang bergengsi ini pun menjadi simbol tersendiri buat Kabupaten Sukabumi khususnya di wilayah Pelabuhan ratu.

Sebagai Flag Off (angkat bendera) atau melepas peserta di garis start oleh Bupati Sukabumi Marwan Hamami didampingi Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi Lucky Mufti dan dari Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi.

Marwan Hamami mengatakan, kegiatan ini agar bisa membangkitkan perekomian di wilayahnya terlebih di sektor pariwisata yang sebelumnya sempat menurun akibat pandemi nasional melanda.

“Semoga ajang ini bisa berkelanjutan dan bisa membangkitkan ekonomi kreatif di sektor pariwisata yang ada di Kabupaten Sukabumi,” katanya disela mengangkat bendera start.

Sektor pariwisata ini sesuai dengan misi pertama Pemerintah Kabupaten Sukabumi yakni mewujudkan kemandirian ekonomi berbasis pertanian, pariwisata, dan industri.

Sementara itu, Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi Lucky Mufti menambahkan dengan diadakannya ajang sepeti ini dapat mendorong dan meningkatkan ekonomi kreatif masyarakat serta meningkatkan potensi destinasi wisata yang ada di kabupaten terluas di Pulau Jawa dan Bali ini.

“Pemerintah saat ini mempunyai banyak program dalam mengembangkan dunia pariwisata yang ada di Kabupaten Sukabumi agar misi menjadikan pariwisata sebagai lokomotif perekonomian warga dapat terwujud,” ujar  Lucky. 
 


Peserta Jajal Ciletuh 2022 Palabuhan Ratu turut mewarnai kemeriahan event sepeda road bike. Foto: Caritana

Diketahui, setelah adanya rekomendasi dari United Nations of Educational, Scientific, and Cultural Organization (Unesco) bahwa Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu menjadi geopark dunia, tentunya ini harus bisa dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya yang tinggal di sekitar objek wisata.

Panitia Jajal Ciletuh 2022 ini menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Hal itu sebagai bagian dari upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19 sebagai anjuran dari pemerintah.

Editor : Hilman Hilmansyah

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut