get app
inews
Aa Read Next : Tim Galaxy Stars Bogor Raih Posisi Runner Up Event BCNY KU-8 di Cianjur

Kasus Covid-19 melonjak, Pemkab Cianjur Perketat Mobilitas Warga

Kamis, 27 Mei 2021 | 08:30 WIB
header img
Petugas masih terus menyekat pengendara yang memasuki wilayah Cianjur. Penyekatan ini semakin diperketat menyusul lonjakan kasus Covid-19 pascalebaran. (Foto: iNewsTv/Mochamad Andi Ichsyan)

BogorRaya, iNews.id - Pasca libur lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah, Warga terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Cianjur melonjak hingga 400 kasus. Penyekatan kendaraan di perbatasan Kabupaten Cianjur dengan wilayah sekitar semakin diperketat untuk mencegah penularan semakin luas. 

Lonjakan kasus tersebut terjadi karena mobilitas warga cukup tinggi saat dan sesudah Lebaran. Termasuk juga diketahui dari pengendara yang menjalani rapid test antigen di enam titik check point. 

Petugas di Pos Penyekatan perbatasan Cianjur masih tetap bekerja meskipun larangan mudik sudah berakhir. Sejumlah kendaraan di Puncak terpaksa diputar balik karena tidak bisa menunjukkan dokumen perjalanan. 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur, Irfan Nur Fauzi mengakui aktivitas warga seusai Lebaran cukup tinggi, seperti saling berkunjung atau interaksi lain sesama mereka. Tak heran lonjakan terjadi hingga mencapai 400 kasus postif Covid-19.

"Hanya saja penelurusan lebih baik dan cepat setelah diagnosa dengan rapid test antigen. Tidak perlu menunggu hingga berhari-hari untuk mengetahui positif tidaknya seseorang, pada hari itu juga sudah dapat diketahui. Termasuk para pengendara yang melintasi pos penyekatan bisa langsung diketahui hasil pemeriksaan kesehatannya pada waktu itu juga," Irfan, Rabu (26/5/2021).

Semua warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 langsung diputar balik ke daerah asal dan bagi warga lokal diarahkan isolasi mandiri di rumahnya masing-masing. 

Editor : Zamzami Ramadhan

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut