Salah seorang mahasiswa Program Studi Business Mathematics Universitas Prasetya Mulya yang turut dalam kegiatan, William Stevanno, menganggap penting riset pasar guna mendongkrak peningkatan usaha.
"Survei pasar perlu dilakukan agar pelaku UMKM mengetahui target pasar serta konsumennya. Apabila pelaku UMKM ingin mengembangkan usahanya sebaiknya perlu dilakukan survey pasar agar lebih memahami kebutuhan dan keinginan konsumen, dan pastinya juga dapat mengidentifikasi peluang apa saja yang dapat mengembangkan bisnis, meminimalisir resiko serta dapat mengikuti tren yang sedang ada saat ini," papar Willian Stevanno.
Respon mitra UMKM yang disasar kegiatan ini cukup bagus. Mereka mendapat pendampingan para mahasiswa dalam hal pengembangan usaha meliputi berbagai aspek, antara lain repackaging, serta strategi marketing menggunakan digital marketing.
Pemilik usaha Mili Milk salah satu yang menjadi sasaran kegiatan, Lintang mengaku sangat bersyukur dengan adanya program community development oleh para mahasiswa Universitas Prasetya Mulya. Menurutnya banyak manfaat yang ia dapat dari program community development.
Profil mahasiswa Universitas Prasetya Mulya bareng mitra UMKM. (Foto : iNewsBogor.id/ist.)
“Saya banyak memperoleh manfaat dari kegiatan Program Community Development ini, khususnya dalam hal membantu meningkatkan nilai jual, baik dalam kreasi terkait produk, proses kerja, serta pemasaran dan banyak hal yang terkait dengan UMKM yang sedang saya jalani," pungkas Lintang.
Editor : Furqon Munawar
Artikel Terkait