Kementan Himbau Masyarakat dan Peternak Jaga Sanitasi dan Kebersihan Hewan Kurban

Furqon Munawar
Kepala Pusat Standarisasi Instrumen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan, Agus Susanro saat pemasangan label SEHAT pada Hewan Kurban. (Foto: iNewsBogor.id)

BOGOR, iNewsBogor.id  - Kementerian Pertanian RI, mendorong masyarakat dan peternak hewan untuk menjaga lingkungannya agar tetap bersih dan terhindar dari penyakit berbahaya terutama yang membahayakan kesehatan masyarakat. Himbauan ini terus dilakukan Kementan mengingat saat ini banyak pedagang hewan dadakan yang berjualan di pinggir jalan.

"Kepada para peternak diharapkan selalu menjaga sanitasi agar tetap sehat dan bebas dari penyakit. Kami terus berupaya mewujudkan pertanian maju, mandiri dan modern guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan petani," ujar Agus Susanto, Kepala Pusat Standarisasi Instrumen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan dalam pembukaan Bursa Hewan Qurban, Sabtu, (24/6/2023).

Faktor kebersihan dan kesehatan menurut Agus sangat penting mengingat ketahanan gizi dan keamanan pangan selalu dimulai dari proses awal. Selain itu, status halal dan tidaknya suatu hewan kurban juga dapat ditentukan pada faktor kesehatan hewan.


Pemasangan ĺabel SEHAT pada hewan kurban jenis domba dalam Bursa Hewan Qurban di Bogor. (Foto: iNewsBogor.id)

 

"Kan begini, memang yang paling penting itu adalah menjamin daging qurban yang nanti akan dikonsumsi oleh para mustahik adalah daging yang aman, sehat, utuh dan halal," katanya.

Editor : Furqon Munawar

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network