Berobat ke Dukun Berujung 3 Orang Tewas di Danau Kuari, Ulama Ini Ajak Warga Pilih ke Dokter Saja

Widya Michella
Tim SAR Gabungan mengevakuasi 3 korban tewas di Danau Kuari, Cigudeg, Bogor saat ritual. Foto: Okezone

JAKARTA, iNewsBogor.id - Ketua PP Muhammadiyah, Dadang Kahmad menanggapi terkait kabar tewasnya tiga orang di Danau Kuari usai melakukan ritual pengobatan alternatif di Cigudeg, Kabupaten Bogor. Dadang sungguh menyayangkan kejadian tersebut. 

"Innalillahi wainnailaihi sungguh sangat menyedihkan berobat kepada bukan ahlinya. jadilah korban dan telah banyak kejadian seperti itu,"kata Dadang melalui pesan singkatnya kepada MNC Portal, Minggu (16/7/2023).

Atas kejadian tersebut dirinya menyarankan agar masyarakat untuk melakukan pengobatan kepada ahlinya. Dalam hal ini dokter atau rumah sakit di sekitar lingkungan mereka, agar tidak kembali kejadian tersebut.

"Sebaiknya berobatlah kepada dokter atau rumah sakit karena mereka adalah ahlinya dan belajar tentang hal tersebut,"tuturnya.

Sebagai informasi, kini polisi tengah memeriksa AN, guru spiritual yang melakukan ritual pengobatan alternatif di Cigudeg, Kabupaten Bogor. 

"Masih sebagai saksi," kata Kapolsek Cigudeg Kompol Wagiman dikonfirmasi, Sabtu (15/7/2023).

AN memang dikenal sebagai sosok dukun yang dianggap sebagian warga bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Adapun memang salah satu ritualnya memandikan pasien di danau tersebut.

"AN sebagai pengobat alternatif, hasil pemeriksaan sebelumnya juga telah memandikan di danau tersebut. Warga yang datang minta diobati dia obati," katanya.

Wagiman menambahkan, polisi sudah memeriksa sebanyak 7 orang saksi. Polisi terus melakukan penyelidikan lebih lanjut ada tidaknya unsur pidana dalam kasus yang merenggut 3 nyawa ini.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network