Demo Buruh 10 Agustus: Polisi Imbau Masyarakat Hindari Area DPR dan Monas, Dihadiri 1 Juta Massa?

Lusius Genik N.L.
Ilustrasi buruh menggelar unjuk rasa di Jakarta. (Okezone)

JAKARTA, iNewsBogor.id – Massa buruh yang tergabung dalam Aliansi Aksi Sejuta Buruh (AASB) bakal menggelar aksi unjuk rasa di kawasan Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis ini, 10 Agustus 2023.

Aksi ini digelar sebagai upaya mendesak pemerintah untuk mencabut Undang-undang Cipta Kerja (Ciptaker) dan sejumlah undang-undang yang dinilai tidak berpihak pada rakyat.

Merespons hal ini, Kepolisian Daerah Metro Jaya mengimbau masyarakat untuk menghindari ruas jalan Gatot Subroto arah Slipi dan kawasan Monumen Nasional (Monas). Alasannya, dua area ini akan menjadi titik kumpul para massa buruh.

“Kepada masyarakat untuk dapat sekiranya tidak dulu melakukan aktivitas di daerah jalan Gatot Subroto, khususnya lagi di depan gedung DRR/MPR dan area sekitar Monas,” ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko saat dikonfirmasi, Kamis (10/8/2023).

“Secara normatif kita lihat situasional untuk pengalihan arus lalu lintas,” imbuhnya.

1 Juta Massa Buruh Demo

Koordinator Presidium Aliansi Aksi Sejuta Buruh (AASB), Jumhur Hidayat mengklaim ada satu juta massa buruh yang akan mengikuti aksi demo buruh 10 Agustus.

Aksi massa buruh akan diawali dengan long march yang dimulai dari kantor International Labour Organization (ILO), Jalan MH. Thamrin menuju ke Istana Merdeka. Di sana, mereka akan menggelar orasi terbuka sekaligus menyampaikan sejumlah tuntutan.

Massa aksi inti kita ditambah dengan laporan beberapa massa organisasi akan bergabung. Pak Arif Minardi (Sekjen KSPI) optimistis akan menghadirkan satu juta orang,” ucap Jumhur saat dikonfirmasi, Selasa (8/8) lalu.

Jumhur sekaligus memastikan bahwa aksi ini akan berlangsung damai.

Editor : Ifan Jafar Siddik

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network