Dompet Dhuafa CSV Connect 2023: Agrinesia Raya Pamer Keberhasilan Berdayakan Ratusan UMKM

Patris Arifin
Human Capital Agrinesia Raya, Firman Oktoraya

JAKARTA, iNewsBogor.id - PT Agrinesia Raya (Agrinesia), food manufacturing Indonesia, telah berhasil mengoptimasi implementasi Creating Shared Value (CSV) terhadap strategi bisnis perusahaan. 

Human Capital Director Agrinesia, Firman Oktoraya mengutarakan, perusahaannya menerapkan bisnis konsep kemitraan demi bisa mendukung para pelaku UMKM untuk tumbuh dan berkembang bersama Agrinesia. Saat ini, ada ratusan UMKM yang menjadi mitra Agrinesia dan berhasil diberdayakan.

Demikian disampaikan Firman saat berbagai pandangan dan pengalaman terkait strategi bisnis perusahaan dalam acara Dompet Dhuafa CSV Connect 2023 yang digelar di Ice Palace Lotte Shopping Avenue, Jakarta (4/9/2023).

“Mitra Agrinesia merupakan pelaku industri kecil yang memulai usahanya bersama dengan Agrinesia. Agrinesia selalu mensupport seluruh proses bisnis yang dilakukan oleh mitra. Alhamdulillah saat ini, sudah lebih dari 400 toko mitra, tumbuh dan berkembang bersama Agrinesia,” kata Firman dalam keterangan yang diterima Sabtu (16/9/2023).

Firman menambahkan, perusahaannya telah menggandeng ratusan UMKM untuk dapat memperluas pasarnya melalui Agrinesia. 

Selain itu, perusahaannya juga berkomitmen untuk menerapkan konsep bisnis berkelanjutan menggunakan 3P yakni People, Planet dan Profit dengan energi terbarukan melalui pengimplementasian panel tenaga surya dan kantong belanja yang ramah lingkungan pada setiap produk Agrinesia. 

“Saat ini, kami juga telah menggandeng lebih dari 700 UMKM untuk menjual produknya di toko kami dengan tidak merubah merk dagang, tidak mengambil listing fee serta pemberian proporsi rak yang seimbang dengan produk Agrinesia,” lanjut Firman. 

Hal ini yang menjadikan PT Agrinesia Raya berupaya untuk tidak hanya fokus pada profit namun selalu menjalankan CSV sesuai dengan visi perusahaan yakni memberikan kebahagiaan di setiap momen kehidupan. 

“Beberapa program pemberdayaan masyarakat juga telah kami lakukan bersama dengan Dompet Dhuafa seperti Buka Puasa Bersama Anak Yatim Piatu, Berbagi dengan Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia, hingga berbagi pada saat bencana alam terjadi," terang Firman. 

Kedepannya, Agrinesia akan terus melakukan CSV melalui berbagai pengembangan-pengembangan dengan melibatkan berbagai stakeholder perusahaan. 

“Karena kami sadar bahwa CSV merupakan tonggak yang penting bagi perusahaan, maka kedepannya kami akan melakukan berbagai program dan inisiasi seperti penggandaan bisnis dan perluasan area dengan turut menggandeng UMKM juga melibatkan karyawan untuk membuat dampak yang lebih luas lagi bagi Indonesia," Tutup Firman. 

Pada kesempatan yang sama, Direktur Mobilisasi Sumber Daya Dompet Dhuafa Etika Setiawanti menuturkan, CSR tradisional hanya fokus pada reputasi perusahaan saja, sedangkan CSV turut berusaha untuk meningkatkan persaingan bisnis dengan menciptakan nilai sosial. 

“CSV juga menjadi strategi korporasi tidak hanya dilakukan oleh satu unit departemen saja, tetapi menjadi model strategis yang dilakukan oleh para pemangku kepentingan di lembaga atau institusi,” tambah Etika.

Editor : Ifan Jafar Siddik

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network