Gaya dan Cara Debat Gibran, Trust Indonesia Sebut Mirip Jokowi 5 Tahun Lalu

Furqon Munawar
Tangkapan Layar Ngobrol Bareng Debat Cawapres di Youtube Herald dan Trust Podcast. (Foto : MJ/Ist)

"Pada saat beliau ingin memberikan pertanyaan, dia akan menekankan dulu pada sesuatu yang tidak dipahami oleh lawannya," pungkas Azhari.

Hal itu pun, kata Azhari, senada dengan yang dilakukan Jokowi saat bertanya ke Prabowo Subianto yang saat itu menjadi lawan debatnya mengenai Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID).

"Waktu itu (Jokowi),  ia memberikan pertanyaan terkait TPID kepada pak Prabowo, dan pada saat itu sama persis seperti kayak tadi. Ada kelalaian (lawan debat) sehingga menyebabkan yang justru menjelaskan adalah dia sendiri bukan lawannya," imbuhnya.

Azhari menjelaskan, yang dilakukan Gibran dalam menjelaskan pertanyaannya sendiri yang seharusnya dijawab oleh Cak Imin itu menunjukkan kelebihan bahwa ia lebih memahami persoalan ketimbang lawannya. "Hal itu menunjukkan kelebihannya bahwa dia memahami itu, walaupun pada akhirnya cak Imin menjelaskan tapi penjelasannya sudah didahului oleh pak Gibran," kata Azhari.

"Karena ada prinsip begini, cara engkau menyampaikan itu sama pentingnya dengan isi yang akan kamu sampaikan. Artinya pada saat kamu sudah menguasai lawan bicara dan menguasai audiens maka dia bisa mengarahkan apa yang akan dipikirkan oleh audiens," imbuhnya.

Editor : Furqon Munawar

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network