Pelepas Liaran Kukang Jawa di Gunung Papandayan, Garut: Upaya Pelestarian Spesies

Ifan Jafar Siddik
Langkah Menuju Kebebasan: Pelepasan Kukang Jawa di Gunung Papandayan, Garut. Foto: iNewsBogor.id/ Ifan Jafar Siddik

GARUT, iNewsBogor.id - Yayasan Inisiasi Rehabilitasi Indonesia (YIARI) Bogor bersama Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat sukses melaksanakan pelepasan liaran kukang Jawa di kawasan Cagar Alam Gunung Papandayan, Resort Konservasi Wilayah XVI Gunung Papandayan Seksi Wilayah V Garut Bidang KSDA Wilayah III Ciamis, BBKSDA Jawa Barat pada Selasa, 7 Mei 2024.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya pelestarian spesies langka ini yang terancam punah akibat perburuan ilegal dan hilangnya habitat alami.

Kukang Jawa (Nycticebus javanicus) merupakan salah satu primata endemik Indonesia yang populasinya semakin terancam. Untuk mengatasi hal ini, YIARI Bogor dan BBKSDA Jawa Barat melakukan upaya pelestarian dengan mengadakan pelepasan liaran kukang Jawa yang telah dipulihkan ke habitat alaminya.

Pelepasan liaran kukang Jawa ini dilakukan setelah melalui proses rehabilitasi dan penanganan medis untuk memastikan kesehatan dan kebugaran hewan tersebut. Lokasi pelepasan dipilih dengan cermat untuk memastikan kondisi lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan kukang Jawa.

Editor : Ifan Jafar Siddik

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network