Kisah Sukses UMKM di Bogor, Produk Peci Berhasil Tembus ke Mancanegara

Wildan Hidayat
Mang Zen, pengrajin peci di Bogor yang berhasil menjual produknya hingga mancanegara. Foto: Wildan

 

Harga peci buatan Zen dibandrol mulai Rp20 ribu hingga ratusan ribu rupiah, tergantung tingkat kesulitan dan kualitas bahan yang dipakai. "Harga bervariasi tergantung bahan dan tingkat kesulitan cara membuatnya," jelasnya.

Saat ini Zen mengaku masih mengalami kendala permodalan. Meski sudah banyak permintaan pasar, namun ia masih kesulitan modal untuk membeli bahan baku . "Saya masih kesulitan mendapat bahan baku peci karena modal saya pas-pasan. “

Zen mengatakan bahwa ia sangat berharap adanya investor atau bank pemerintah , terutama bank BRI yang memiliki program kredit usaha rakyat (KUR) dapat membantunya. “Saya berharap bank BRI berikan bantuan permodalan melalui kredit usaha mikro," katanya.

Bahkan Zen berencana akan mengajak seluruh masyarakat untuk bisa membuat peci, dengan cara mengadakan pelatihan tanpa dipungut biaya alias gratis. "Saya akan bikin kegiatan bagi masyarakat untuk bisa membuat peci seperti saya, secara gratis  dan berharap mereka bisa memiliki kemampuan sehingga bisa menghasilkan uang.  

Menurut Zen permintaan pasar peci sangat tinggi dan tidak berpengaruh dengan kondisi pandemi.
 

Editor : Hilman Hilmansyah

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network