IPB University Naik Peringkat ke-94 Dunia versi THE Impact Ranking 2024

Furqon Munawar
Kampus IPB University, Dramaga, Kabupaten Bogor. (Foto : Istimewa)

BOGOR, iNewsBogor.id - IPB University menempati peringkat 94 dunia pada pemeringkatan Times Higher Education (THE) Impact Ranking 2024. Posisi ini meningkat signifikan dibandingkan tahun sebelumnya (peringkat 101-200 dunia pada 2023). Hasil pemeringkatan ini diumumkan pada acara Global Sustainable Development Congress yang diadakan di Queen Sirikit National Convention Centre, Bangkok, Thailand, (10-13/6/2024).

THE adalah lembaga pemeringkatan yang menilai kontribusi institusi pendidikan di dunia berdasarkan 17 poin Sustainable Development Goals (SDGs). Terdapat empat aspek yang dinilai, yakni penelitian (publikasi terindeks Scopus), operasional atau tata kelola kampus, pengabdian masyarakat, dan pengajaran. Pada SDGs 1 (Menghapus kemiskinan), IPB University menempati peringkat 14 dunia dengan skor 84, sedangkan pada SDGs 2 (Tanpa Kelaparan), IPB University berada di peringkat 28 dunia.

Rektor IPB University, Prof Arif Satria menyampaikan rasa syukurnya atas capaian ini. Ia menyatakan, “Pencapaian ini berkat kerja bersama warga IPB University dalam upaya mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan setara. Apresiasi untuk segenap warga IPB University yang telah berkontribusi atas capaian dalam THE University Impact Rankings ini," katanya.

Pada tahun ini, tercatat sebanyak 1.963 universitas terkemuka di dunia berpartisipasi dalam pemeringkatan ini. Angka tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya berjumlah 1.591 institusi pendidikan. Peningkatan partisipasi perguruan tinggi yang mengikuti ini menandakan bahwa berbagai perguruan tinggi di dunia berlomba-lomba untuk memberikan performa terbaiknya dalam mewujudkan SDGs.

Editor : Furqon Munawar

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network