Ormas Islam Terima Konsesi Tambang, Ini Pandangan Pakar Sosiologi Lingkungan UIKA Bogor

Furqon Munawar
Pakar Sosiologi Lingkungan dan Dosen Ilmu Lingkungan Program Studi Ilmu Lingkungan Fakultas Teknik dan Sains Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor, DR Rimun Wibowo. (Foto : Istimewa/iNewsBogor.id)

Sembari mengutip dalil yang melatarbelakanginya, DR Rimun Wibowo menyatakan bahwa pada hakekatnya Al-Quran dan Al-Hadits banyak membahas prinsip-prinsip ESG dan ESS ini,

“Aspek ini merupakan bagian dari nature (sifat dasar/alami) Ormas Islam sebagai kelompok dakwah (penerus risalah kenabian) yaitu menjadi rahmatan lil ‘alamiin (QS. Al Anbiya’ ayat 107),” terangnya.

Oleh karena itu, Rimun mengharapkan Ormas Islam penerima konsesi tambang harus tetap memperhatikan dengan seksama aspek moral dengan tetap mengedepankan keteladanan.


Sembilan prinsip yang harus diperhatikan Ormas Islam dalam menjalankan konsesi tambang. (Foto : Istimewa/iNewsBogor.id)

 

“Kami berdoa dan berharap, sekali lagi, sebagai konsekwensi menerima tawaran tersebut, ormas Islam yang mengelola tambang hendaknya menjadi teladan nomor wahid dalam pengembangan dan penerapan ESG dan ESS berperspektif Islam, jika tidak, mungkin akan menjadi tamparan keras baginya, mengingat sebelum menerima tawaran tersebut sudah banyak tokoh yang mengingatkan,” tandasnya.

Editor : Furqon Munawar

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network