DPP HA IPB: Akhiri Kepemimpinan Jokowi dengan Husnul Khotimah dan Warisan Positif

Ifan Jafar Siddik
Ketua Umum DPP HA IPB dan jajaran pengurus menyampaikan pernyataan sikap terkait kondisi demokrasi di Indonesia saat ini dalam konferensi pers di Gedung Alumni IPB, Bogor, Selasa (27/8/2024). Foto: iNewsBogor.id/ Ifan Jafar Siddik

Berikut ini lima pernyataan sikap dan imbauan yang disampaikan oleh pengurus DPP HA IPB:

Meminta penghentian segala bentuk perilaku penyalahgunaan wewenang (abuse of power) yang dilakukan oleh elit bangsa hingga pemimpin tertinggi NKRI. Kembalilah kepada kepemimpinan bangsa yang menjunjung tinggi konstitusi, memegang integritas, menaati hukum yang berlaku, serta berorientasi pada aspirasi dan kepentingan rakyat sesuai nilai-nilai luhur Pancasila dan UUD 1945.

  1. Mendorong dan mengimbau Presiden RI untuk mempersiapkan masa akhir kepemimpinan bersama seluruh jajaran kabinet dengan memberikan teladan dan warisan terbaik yang akan dikenang oleh sejarah bangsa. Hindari pengambilan keputusan strategis yang dapat memicu kontroversi dan penolakan dari masyarakat Indonesia, serta berpihaklah pada kebenaran dan suara rakyat, bukan kepada kepentingan kelompok atau golongan tertentu.
  2. Mengharapkan dan mendukung kebijaksanaan dan praktik pola kepemimpinan modern yang profesional dan partisipatif dari Presiden Terpilih periode 2024-2029, sehingga bangsa ini terbebas dari segala bentuk konflik kepentingan antarkelompok dan antara pemerintah dengan masyarakat di semua tingkatan pemerintahan. Bangsa ini membutuhkan peningkatan kesejahteraan dan produktivitas setiap individu, peningkatan pendidikan, serta kembalinya kehidupan yang harmonis, toleran, dan demokratis sesuai budaya luhur dan tata nilai Indonesia.
  3. Mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus mengawal dan mengkritisi arah kebijakan pemerintahan secara objektif dan kondusif, memastikan lembaga DPR RI mendengarkan aspirasi rakyat yang telah memilihnya, serta mendorong terjaminnya kebebasan mimbar akademik untuk terus memperjuangkan Indonesia yang maju, adil, makmur, dan sejahtera.
  4. Mengimbau seluruh alumni IPB yang memegang amanah di lembaga eksekutif, legislatif, yudikatif, atau di mana pun, agar senantiasa memegang teguh integritas, bersikap amanah, mengamalkan nilai-nilai dan prinsip kebaikan yang diajarkan almamater, serta menjadi sumber inspirasi positif bagi kemajuan bangsa dan masyarakat Indonesia.


Editor : Ifan Jafar Siddik

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network