get app
inews
Aa Read Next : Berikut 7 Nama Tempat Unik dan Aneh di Jawa Barat, No 1 Paling Geli Bacanya

Cianjur Dan Sukabumi Diguncang Gempa Bumi, Ini Penjelasan BBMKG

Minggu, 06 Juni 2021 | 11:41 WIB
header img
Ilustrasi (Foto: Pixabay)

bogor.iNews.idGempa bumi mengguncang Kabupaten Cianjur dengan kekuatan Magnitudo 3,0 yang berpusat didarat terjadi sabtu (5/6/2021) malam pukul 21.52. WIB. Sedangkan Kabupaten Sukabumi juga mengalami gempa yang berpusat di Laut pada jarak 116 km Tenggara Sukabumi, Jawa Barat pada kedalaman 17 kilometer dengan kekuatan Magnitudo 4,8 terjadi Minggu (6/6/2021) dini hari,  

Hendro Nugroho, Kepala BBMKG Wilayah II mengatakan, gempa bumi yang terjadi adalah jenis gempa bumi dangkal akibat Sesar Cimandiri, hal ini dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya.

“Gempa bumi ini dirasakan di wilayah Cianjur dengan Skala Intensitas II - III MMI, getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu,” katanya, Minggu (6/6/2021). 

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas penyesaran di laut pada bagian dalam dari Lempeng Eurasia," kata Hendro Nugroho.


Wilayah Ranca Buaya, Sindang Barang, Cipamingkis, Cikatomas, Pameungpeuk, Banjar, Pangalengan dan Karanganyar adalah wilayah yang merasakan guncangan gempa bumi. Guncangan terasa dengan Skala Intensitas II - III MMI.

Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," katanya. 

Editor : Zamzami Ramadhan

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut