get app
inews
Aa Read Next : Yuhelmi Fitri, Menyebarkan Inspirasi Melalui Bisnis Roti

IPB University Luncurkan 4 Produk Inovasi Unggulan, Satunya Garam Rumput Laut Untuk Kecantikan

Selasa, 30 Agustus 2022 | 20:15 WIB
header img
IPB University Luncurkan 4 Produk Inovasi Unggulan, Satunya Garam Rumput Laut Untuk Kecantikan. (Foto : iNewsBogor.id/ist.)

2. Varietas Lele Tahan Penyakit IPB-C1KUAT


Foto : iNewsBogor.id/ist.

 

Kebutuhan akan ikan lele luar biasa besar sejalan dengan berkembangnya bisnis kuliner yang massif diberbagai daerah di Indonesia.

Merespon peluang pasar, peneliti IPB University tergerak berinovasi mengenbangkan varietas lele yang memikiki daya tahan tinggi terhadap infeksi Aetomonas Hydrophila yang kerap jadi patogen utama ikan lele.

Menurut penelitinya Prof Alimudin budi daya ikan lele rentan serangan penyakit infeksi yang berakibat pada kematian massal.

"Permaslaahan umum yang terjadi pada kegiatan budi daya air tawar adalah serangan penyakit akibat infeksi Aeromonas hydrophila. Sehingga apabila terjadi serangan penyakit ini akan berakibat pada kematian massal (gagal panen-red). Dengan inovasi IPB-C1KUAT kelangsungan hidup atau sintasan dapat dipertahankan hingga 74 persen lebih tinggi daripada ikan lele yang tidak diseleksi dengan cara yang dikembangkan," terangnya.

Pof Alimudin, menambahkan varietas lele yang dibudidayakan masyarakat saat ini terbatas bertujuan hanya untuk perbaikan pertumbuhan. Belum ada rilis resmi varietas lele yang tahan penyakit seperti inovasi yang dihasilkannya saat ini yang bertujuan kombinasi antara pertumbuhan dan kesehatan.

Hanya saja, kata Prof Alimudin Pengujian budi daya ikan lele IPB-C1KUAT masih terbatas di Llingkungan kampus IPB University dan di BBPBAT milik Kementerian Kelautan dan Perikanan yang berbasis di Sukabumi.

Editor : Furqon Munawar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut