get app
inews
Aa Read Next : Semarakan Hari Jumat dengan Sholawat untuk Nabi Muhammad SW

Kiamat Jatuh pada Hari Jumat Sama dengan Saat Adam Dicipta, Dikeluarkan, Diterima Tobat dan Wafatnya

Kamis, 18 November 2021 | 19:08 WIB
header img
Kiamat pasti akan datang dan tidak diketahui secara pasti hal itu akan terjadi, Hanya Allah Ta'ala yang mengetahuinya. (Foto: Live Science/Ilustrasi)

KIAMAT pasti akan datang dan tidak diketahui secara pasti hal itu akan terjadi, Hanya Allah Ta'ala yang mengetahuinya.

Saat kiamat terjadi maka huru-hara bakal muncul di langit dan di bumi. Allah Ta'ala sudah menjelaskan hal tersebut secara lengkap di dalam Al-Quran Surat Al-A'raf Ayat 187.

Namun bila ada pertanyaan lantas kapan hari kiamat terjadi. Pengetahuan tentang Hari Kiamat hanya ada pada Allah. 

Kebanyakan manusia tidak mengetahuinya. Allah hanya mengabarkan tanda-tandanya melalui lisan kekasih-Nya Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam.

Disebutkan dalam Hadis sahih bahwa Hari Kiamat terjadi pada Hari Jumat

Pada hari itu, semua binatang melata ketakutan dan cemas. Mereka berjaga sejak Subuh hingga terbit matahari. Semua ketakutan kecuali dua makhluk yaitu Jin dan Manusia. Kedua makhluk ini kebanyakan lalai.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, bahwa Rasulullah bersabda:

خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ فِيهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ أُهْبِطَ وَفِيهِ تِيبَ عَلَيْهِ وَفِيهِ مَاتَ وَفِيهِ تَقُومُ السَّاعَةُ وَمَا مِنْ دَابَّةٍ إِلَّا وَهِيَ مُسِيخَةٌ يَوْمَ الْجُمُعَةِ مِنْ حِينَ تُصْبِحُ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ شَفَقًا مِنْ السَّاعَةِ إِلَّا الْجِنَّ وَالْإِنْسَ

"Sebaik-baik hari ketika matahari terbit adalah  Hari Jumat, pada hari itu Adam dicipta, pada hari itu Adam diturunkan (dikeluarkan) dari surga, pada hari itu pula taubatnya diterima, pada hari itu juga ia wafat, pada hari itu Kiamat akan terjadi dan tidak ada binatang melata satu pun kecuali mereka menunggu pada hari Jumat sejak Subuh sampai terbit matahari karena takut akan datangnya hari Kiamat kecuali Jin dan manusia."(HR Abu Daud No 1046, shahih)

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut