get app
inews
Aa Read Next : Semarakan Hari Jumat dengan Sholawat untuk Nabi Muhammad SW

Kiamat Jatuh pada Hari Jumat Sama dengan Saat Adam Dicipta, Dikeluarkan, Diterima Tobat dan Wafatnya

Kamis, 18 November 2021 | 19:08 WIB
header img
Kiamat pasti akan datang dan tidak diketahui secara pasti hal itu akan terjadi, Hanya Allah Ta'ala yang mengetahuinya. (Foto: Live Science/Ilustrasi)

Isyarat Nabi Bahwa Kiamat Sudah Dekat
Menurut Zahir, Nabi Muhammad sendiri tidaklah mengetahui kepastian terjadinya hari Kiamat. Beliau hanya mengetahui dekatnya hari Kiamat. Sabda beliau: "Aku diutus dan datangnya hari Kiamat itu seperti dua ini, sambil memperlihatkan telunjuknya dan jari tengahnya.". (Riwayat at-Tirmizi)

Maksudnya jarak waktu antara beliau dengan Hari Kiamat  amat dekat seperti jarak antara dua jari tersebut. Meski pun Allah merahasiakan hari Kiamat itu, namun Allah memberitahukan kepada Nabi Muhammad tanda-tanda sebelum kiamat terjadi.

Maka, suatu tanda yang nyata bahwa Kiamat itu sudah dekat, ialah diutusnya Nabi Muhammad sebagai Nabi terakhir untuk umat manusia. Dengan diutsunya beliau sempurnalah bimbingan keagamaan oleh Allah kepada manusia, berarti sempurna pula kehidupan rohani dan kehidupan materi. Sesudah kehidupan materi itu mencapai puncaknya, tibalah kehancuran dan kemusnahan dunia.

Dalam banyak hadis, diterangkan pula tanda terjadinya hari Kiamat. Di antaranya ialah keinginan manusia memiliki harta-benda saling bertentangan dengan keinginannya kepada kepuasan rohani. Pada suatu masa, manusia mengutamakan kebutuhan spiritual dan kebutuhan materi dikalahkan. Kemudian dimenangkan lagi kebutuhan materil bersamaan dengan perkembangan kesesatan, kejahatan, kemungkaran dan kekufuran, hingga datanglah hari Kiamat pada saat manusia bergelimang dalam kejahatan.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut