get app
inews
Aa Read Next : Semarakan Hari Jumat dengan Sholawat untuk Nabi Muhammad SW

Kiamat Jatuh pada Hari Jumat Sama dengan Saat Adam Dicipta, Dikeluarkan, Diterima Tobat dan Wafatnya

Kamis, 18 November 2021 | 19:08 WIB
header img
Kiamat pasti akan datang dan tidak diketahui secara pasti hal itu akan terjadi, Hanya Allah Ta'ala yang mengetahuinya. (Foto: Live Science/Ilustrasi)

Di riwayat lain Rasulullah bersabda: "Tidak ada hewan melata di bumi, kecuali menjelang pagi hari Jumat, mereka berteriak hingga terbit matahari karena takut terjadinya hari kiamat, kecuali anak Adam." (HR Malik, Ahmad, Ibnu Hibban dan Al-Hakim).

Hadis lain menyebutkan: "Pada hari itu, ketika akan terjadi hari kiamat, tidak ada satu Malaikat pun yang didekatkan kepada Allah, tidak juga langit dan bumi. Angin, gunung dan lautan melainkan semuanya takut pada hari Jumat". (HR Ibnu Majah dan Ahmad)

Ustaz Farid Nu'man Hasan menjelaskan makna Hadis di atas dengan menukil keterangan dari Syekh Abdul Muhsin Al-Abad Al-Badr hafizhahullah:

"Maka, mereka semua tidak tahu kapan terjadinya kiamat, Allah Ta'ala yang mengetahui kapan terjadinya. Tidak diketahui pada tahun kapan terjadinya, pada hari apa, dan bulan apa. Tetapi, tidak diragukan lagi bahwa kiamat tidaklah terjadi pada hari Sabtu, Ahad, Senin, Selasa, Rabu, dan Kamis. Dia terjadi pada hari Jumat tertentu, karena hal ini telah shahih diriwayatkan dari (Hadis) Rasulullah shallallahu 'alaihi wa Sallam. Tetapi, Jumat yang mana dari bulan yang mana, dari tahun yang mana? Tidak ada yang mengetahuinya kecuali Allah Ta'ala." (Syekh Abdul Muhsin Al Abad Al Badr, Syarh Sunan Abi Daud No 490)

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut