Logo Network
Network

Sejarah Rasuna Said, Sosok Pahlawan Perempuan Jurnalis Kritis Anti Kolonial Belanda

Furqon Munawar/Net Bogor
.
Jum'at, 16 September 2022 | 18:27 WIB
Sejarah Rasuna Said, Sosok Pahlawan Perempuan Jurnalis Kritis Anti Kolonial Belanda
Sejarah Rasuna Said, Sosok Pahlawan Perempuan Jurnalis Kritis Anti Kolonial Belanda. (Foto : iNewsBogor.id/Ist.)

JAKARTA, iNewsBogor.id - Mendengar nama Rasuna Said pasti ingatan kita tertuju pada nama jalan di Kawasan elit Kuningan Jakarta. Ya, jalan HR Rasuna Said. Siapa yang tak kenal jalan ini. Kawasan elit di Jakarta yang bertumbuh dipadati gedung pencakar langit beserta hiruk pikuk kesehariannya.

Bertepatan dengan hari kelahirannya yang ke-112 yang jatuh pada tanggal 14 September, sosok Rasuna Said pun diabadikan di Google Doodle dalam tampilan animasi sebagai bentuk penghormatan.

Menarik lebih jauh mengetahui Sejarah Rasuna Said sebagai pahlawan nasional. Untuk menambah literasi sekaligus referensi, iNewsBogor.id mencoba mengangkat kisah perjalanan sosok Rasuna Said dalam persektif sejarah.


Foto : iNewsBogor.id/ist.

 

Dikutip dari buku karya penulis Sally White berjudul “Rasuna Said: Lioness of the Indonesian Independence Movement”. Rasuna Said adalah sosok perempuan, lahir di Maninjau, Sumatera Barat pada 14 September 1910. Peran sekaligus kontribusinya dalam gerakan nasionalis menjelang kemerdekaan, menempatkannya secara khusus dengan julukan Srikandi Indonesia, Singa Betina.

Follow Berita iNews Bogor di Google News

Halaman : 1 2 3 4
Bagikan Artikel Ini