get app
inews
Aa Read Next : BREAKING NEWS: Kebakaran Hebat Landa Rumah Warga di Kebon Kopi, Kota Bogor

Sejarah Kawasan Kebayoran Diambil dari Nama Kayu, Kini Menjadi Daerah Elite

Senin, 06 Desember 2021 | 10:22 WIB
header img
Pasar Kebayoran Lama 1950-an awal. Foto: Dok/sejarahjakarta.com

KAWASAN Kebayoran terbagi dua kawasan yakni  Kebayoran Lama dan Kebayoran Baru  di Jakarta Selatan. Nama Kebayoran ternyata diambil dari nama kayu.

Kecamatan Kebayoran Lama merupakan wilayah paling barat dari Kotamadya Jakarta Selatan. 

Namun, semenjak dimekarkan menjadi dua kecamatan baru, Kebayoran Lama dan Pesanggrahan pada tahun 1990-an, sebagian wilayah kelurahan Kebayoran Lama masuk ke dalam wilayah Pesanggrahan yang merupakan wilayah terbarat dari Kota Jakarta Selatan. 

Nama Kebayoran diambil dari kata Bahasa Betawi yakni Kabayuran. Di mana kata ini merupakan arti dari tempat penimbunan kayu bayur yang artinya tempat penimbunan kayubayur, bayor, atau wadang dengan Bahasa latin pterospermum javanicum. Kayu bayur tersebut dianggap sangat baik karena kuat dan tahan terhadap serangan rayap.

Kayu Bayur sejenis pohon penghasilkayupertukangan yang berkualitas baik. Pohon yang biasa didapati di dataran rendah ini dikenal juga dengan nama-nama lain, sepertibayur, cayur (Sd.),bayur, wayur, wadang, walang (Jw.), phenjur (Md.), bolang(Bal.),buli(Slw.),damarsala(NTT),dan teunggi leuyan(Kal.).

Kayu ini juga dikenal luas di dunia, khususnya di wilayah tropis mulai dari India bagian selatan, Asia Tenggara, Kepulauan Nusantara, Amerika Tenggara, dan Brasil.

Dalam perdagangan, kelompok kayu bayur dari Indonesia juga mencakup beberapa spesies Pterospermum yang lain, terutama pterospermum celebicum dan pterospermum diversifolium. Kayu ini dikenal pula di dunia sebagaibayor, bayok, bayuk,atau litak.

Berdasarkan data yang dikutip dari Wikipedia dan berbagai sumber, Terlepas asal usul nama Kebayoran dari penimbunan kayu bayur, sebelum kemerdekaan Indonesia, Kebayoran adalah sebuah distrik yang dikepalai oleh seorang wedana.Ia adalah bagian dari Kabupaten Meester Cornelis, yang wilayahnya sampai meliputi Ciputat.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut