get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Pencari Kerja di Bogor Berebut Peluang Kerja ke Luar Negeri

Cara Membedakan Lowongan Kerja Palsu dan Asli, Kenali Cirinya

Selasa, 29 November 2022 | 08:44 WIB
header img
Cara Membedakan Lowongan Kerja Palsu dan Asli. Foto: iNewsBogor.id/istimewa

BOGOR, iNewsBogor.id - Proses mencari kerja nyatanya memang tidak semudah omongan tetangga. Ada banyak rintangan yang mungkin tak pernah kamu duga sebelumnya. Ada banyak kerikil yang harus kita lewati sampai akhirnya berhasil mendapatkan pekerjaan impian.

Mulai dari dighosting HRD, upah yang tidak sesuai, hingga banyaknya lowongan kerja palsu yang harus dihindari agar tidak terjebak dan tertipu.

Buat kamu pejuang amplop coklat, tetap semangat dan hati-hati ya. Kamu bisa mengenali lowongan kerja palsu tanpa harus datang langsung ke sana, berikut ciri-ciri lowongan kerja palsu agar kamu tetap waspada!

1. Persyaratan terlalu mudah
Pernahkah kamu menemukan lowongan kerja dengan syarat yang tidak masuk akal? Tanpa tes, menerima semua jenjang pendidikan, tidak butuh pengalaman kerja, bahkan langsung diterima dan dapat bekerja esok harinya. Ini adalah salah satu tanda kalau lowongan tersebut adalah palsu.

Perusahaan asli membutuhkan setidaknya 1-2 minggu untuk proses rekrutmen. Selain itu, perusahaan juga memiliki requirements yang spesifik dan jelas ketika mengunggah iklan lowongan pekerjaan.

Mereka menyaring kandidat berdasarkan skill, pengalaman, kompetensi, dan latar belakang pendidikan yang dimiliki. Karena, setiap perusahaan tentu ingin mendapatkan kandidat terbaik dan sesuai kualifikasi yang mereka butuhkan. Apabila kamu menemukan lowongan kerja yang mencantumkan persyaratan kerja yang terlalu umum dan mudah, maka kamu patut untuk curiga bahwa lowongan tersebut palsu. 

Editor : Ifan Jafar Siddik

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut