get app
inews
Aa Read Next : Bupati Ade Yasin: Sektor Pertanian Akan Digenjot Pulihkan Ekonomi Imbas Pandemi

lawan Virus Corona Dengan Konsumsi Makanan Kaya Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh

Kamis, 24 Juni 2021 | 09:15 WIB
header img
Ilustrasi (Foto: pixabay)

bogor.iNews.id - Wabah virus Corona belum berakhir, bahkan di Indonesia kembali terjadi lonjakan kasus Covid-19. Sampai dengan hari ini tercatat kasus positif Covid-19 sudah menyentuh angka 2 jutaan. Untuk itu masyarakat diminta untuk tetap berhati-hati salah satunya dengan memperhatikan asupan makanan.

Dilansir dari laman alodokter.com, daya tahan tubuh memiliki peranan penting untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan mencegah terjadinya infeksi. Mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur, rutin berolahraga, mencukupi kebutuhan tidur, serta mengonsumsi suplemen dipercaya mampu meningkatkan daya tubuh untuk menghalau pilek dan infeksi yang mudah menular.

Selain buah dan sayur, ada beberapa makanan yang juga kaya vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh. Berikut bogor.inews.id rangkum beberapa makanan kaya vitamin yang bisa dikonsumsi setiap hari.

1. Jambu Biji
Jambu biji dikenal sebagai rajanya vitamin C. Satu buah jambu biji mengandung 126mg vitamin C atau setara dengan 140% kebutuhan vitamin C harian.

Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C sangat berguna bagi daya tahan tubuh. Selain berfungsi sebagai antioksidan, vitamin C juga bisa membantu mencegah terjadinya infeksi dan mempercepat penyembuhan.

2. Daging Ayam
Daging pada bagian dada ayam tanpa kulit mengandung protein serta vitamin B12 yang mampu membantu tubuh membentuk serta menyimpan energi. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan tubuh mengalami kelelahan, kesemutan, gangguan pada sistem saraf, penglihatan kabur, anemia, depresi, bahkan demensia.

3. Tempe
Bagi Anda yang vegetarian, tempe menjadi pilihan menu makanan terbaik karena kaya akan kandungan protein, vitamin B dan mineral. Kandungan gizi tempe berupa senyawa tumbuhan isoflavon memiliki sifat antioksidan. Sebagai molekul antioksidan, isoflavon dapat menangkal kerusakan sel akibat radikal bebas.

4. Wortel atau Jus Wortel
Wortel dikenal sebagai makanan yang kaya akan Vitamin A. Namun, sebenarnya buah-buahan terutama yang berwarna kuning, seperti mangga, pepaya, dan ciplukan juga merupakan sumber vitamin A yang baik.

Vitamin A memiliki beragam manfaat yang diperlukan oleh tubuh manusia. Disamping untuk kesehatan mata, vitamin A juga mendukung sistem imunitas tubuh bekerja lebih optimal dalam menghalau infeksi.

5. Jamur
Sama halnya dengan manusia, jamur memproduksi vitamin D dari paparan sinar UV. Dalam 100 gram jamur jenis portobello misalnya, terkandung setidaknya 400 IU vitamin D. Vitamin D selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, juga dapat mencegah terjadinya beberapa penyakit serius diantaranya Kanker, Diabetes, autoimun, hingga depresi.

 

Editor : Zamzami Ramadhan

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut