get app
inews
Aa
Read Next : Ganjar Terima Aspirasi dari Ulama untuk UU Pesantren

Gempa Guncang Jember, Belasan Rumah hingga Pesantren jadi Korban

Kamis, 16 Desember 2021 | 11:43 WIB
header img
Penampakan rumah di Jember yang rusak akibat gempa/Foto: BPBD Jember

JEMBER,iNews.idGempa bumi kembali mengguncang Indonesia. Kali ini, menimpa Kabupaten Jember, Jawa Timur, hingga menimbulkan kerusakan parah belasan rumah hingga pesantren.

Belasan rumah warga di Kabupaten Jember, Jawa Timur, mengalami kerusakan akibat gempa bumi bermagnitudo 5,1 pada Kamis pukul 06.01 WIB.
Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi itu memiliki parameter update bermagnitudo 5,0 dengan episenter pada koordinat 8,55 derajat LS; 113,48 derajat BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 43 km arah barat daya Kota Jember pada kedalaman 26 kilometer.

"Beberapa rumah dilaporkan mengalami kerusakan ringan hingga sedang di beberapa kecamatan, namun kami terus melakukan pendataan," kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember, Heru Widagdo di Jember, Kamis (16/12/2021).

Data rumah warga yang mengalami kerusakan itu berasal dari laporan warga dan relawan yang turun ke lokasi terdampak gempa bumi bermagnitudo 5,1 tersebut. "Gempa itu menyebabkan belasan rumah warga rusak ringan hingga sedang di beberapa kecamatan, yakni di Kecamatan Ambulu, Tempurejo, Silo, Puger, dan Kecamatan Wuluhan," katanya.

Editor : Edi Yulianto

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut