get app
inews
Aa Read Next : KPU: Prabowo-Gibran Resmi Terpilih Presiden dan Wakil Presiden Pemilu 2024

Wapres Tinjau Lokasi Gempa Bumi di Cianjur

Jum'at, 06 Januari 2023 | 16:43 WIB
header img
Wapres bersama rombongan tinjau masyarakat terdampak gemba bumi di Cianjur. Foto: iNewsBogor.id/Ifan JS

CIANJUR, iNewsBogor.id - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin meninjau daerah terdampak bencana dan Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Bahjah, Cijedil, Kecamatan Cugenang, Kebupaten Cianjur, Jawa Barat, Rabu pagi (04/01).

Ma'ruf bersama rombongan diterima oleh Bupati Cianjur Herman Suherman dan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum di Pendopo Cianjur.

Turut mendampingi, Menteri Sosial RI Tri Rismaharini, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Diah Pitaloka, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati, dan Ketua Yayasan Al-Bahjah Cianjur H. Syahid langsung meninjau sejumlah fasilitas di daerah terdampak.

Pada kesempatan itu, Wapres menyerahkan Bantuan Rekonstruksi kepada Pondok Pesantren dan masyarakat berupa dana yang diperuntukkan kepada 69 Ponpes di Cianjur. Sebelumnya, BAZNAS juga telah membagikan 5.000 paket Sembako untuk warga di Kabupaten Cianjur.

Dalam kesempatan tersebut Wapres menanyakan kondisi para santri yang saat ini harus mengungsi di tempat yang lebih aman dan layak.

“Disini santrinya ada berapa? bagaimana keadaanya?” tanya Wapres.

H. Syahid selaku Ketua Yayasan Ponpes menjelaskan bahwa seluruh santri telah dipindahkan ke lokasi lain.

“Total 1000 kita pindah ke beberapa lokasi, ada di Bogor dan Cipanas,” jelas H. Syahid.

Tak hanya itu, Wapres juga memastikan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk merekontruksi bangunan yang secara struktur telah terkena dampak gempa.

“[Bangunan terdampak] ini sudah harus dirobohkan ya, untuk dibangun kembali dengan bangunan yang tahan gempa,” tutur Wapres.

Setelah itu, rombongan langsung menuju Kampung Gununglanjung 2 RT 01/7 Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, untuk melihat kondisi warga terdampak gempa bumi dan memberikan bantuan uang kerahiman kepada warga ahli waris yang meninggal dunia akibat gempa bumi senilai Rp15 juta terhadap 105 orang ahli waris dan penyerahan bantuan Rp9 miliar kepada Pemda Cianjur.

Rombongan Wapres tersebut pun sempat terhenti di depan rumah yang ambruk akibat gempa, dan berbincang dengan Mensos, Kepala BNPB, Kelapa BMKG, Wakil Gubernur Jawa Barat dan Bupati Cianjur serta Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI.

"Saat ini, pemerintah telah mendirikan tenda-tenda sementara dan dapur umum. Namun, yang penting semua warga terdampak pada sehat-sehat. Karena, pemerintah sedang melaukan berbagai upaya menangani gempa bumi yang terjadi di wilayah Cianjur," ujarnya.


Mensos RI Tri Rismaharini bersama Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Diah Pitaloka hendak membantu warga memasang tenda untuk dapur umum. Foto: iNewsBogor.id/Ifan JS

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Diah Pitaloka saat mendampingi Wapres mengatakan, pihaknya sudah mengirimkan bantuan tenda berukuran besar untuk dapur umum dan hunian sementara untuk bisa ditempati warga.

"Alhamdulillah saya sudah kirimkan tenda berukuran besar untuk dapur umum dan untuk hunian sementara bagi warga. Juga Saya ucapkan terimakasih untuk Ibu Risma yang telah banyak membantu dan hari ini memberikan perlengkapan dapur umumnya. Insya Allah besok sudah bisa digunakan bagi keperluan warga," tutupnya. 
 

Editor : Ifan Jafar Siddik

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut