get app
inews
Aa Read Next : Rentan Terjadi, Waspada 3 Penyakit Usai Lebaran

4 Manfaat Minum Air Putih, Nomor 3 Cocok untuk yang Diet

Selasa, 29 Juni 2021 | 21:01 WIB
header img
Mengonsumsi air putih cukup memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, salah satunya membantu menurunkan berat badan. (Foto: iNews.id/Pixabay).

BOGOR, iNews.id - Minum air putih minimal delapan gelas sehari tidak hanya mencegah tubuh dari dehidrasi, tapi juga mendatangkan beragam manfaat lain. Salah satunya dapat menurukan berat badan.

Tak percaya? Sejumlah penelitian menunjukkan mengonsumsi air mineral atau kerap disebut air putih dapat mengurangi berat badan.

Berikut 4 manfaat minum air putih, dikutip dari laman healthline, Selasa (29/6/2021).

1. Membantu Sistem Pencernaan

Pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk mengonsumsi air putih. Hal ini dikarenakan saat bangun tidur dengan perut kosong lalu meminum air putih bisa membantu membersihkan usus. 

Hal tersebut juga berfungsi untuk membuat sistem pencernaan menjadi lebih baik dan mudah menyerap nutrisi yang akan masuk dari asupan yang bakal dikonsumsi hari itu

2. Tingkatkan Energi dan Fungsi Otak

Anda sering merasa sulit fokus? Bisa jadi karena tubuh sedang mengalami penurunan hidrasi. Jika hidrasi menurun, otak bisa merasakan efeknya karena otak sebagian besar terdiri dari air. Karena itulah, manfaat minum air putih juga berhubungan dengan fungsi otak.  

Dalam studi yang diterbitkan di British Journal of Nutrition menyebutkan, sebanyak 1,59 persen hilangnya cairan tubuh pada pria muda dapat memengaruhi kerja memori dan meningkatnya rasa cemas dan kelelahan. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengonsumsi air putih untuk meningkatkan energi serta fungsi otak. 

Editor : Zen Teguh

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut