get app
inews
Aa Read Next : Serukan Boikot Produk Terafiliasi Israel, Gerbang Pronas dan Relawan Capres Demo Kantor MUI Pusat

Deklarasi Jakarta, Meniscayakan Keberagaman Demi Mewujudkan Perdamaian dan Peradaban

Rabu, 24 Mei 2023 | 14:26 WIB
header img
Deklarasi Jakarta, Meniscayakan Keberagaman Demi Mewujudkan Perdamaian dan Peradaban. (Foto : Istimewa)

JAKARTA, iNewsBogor.id - Majelis Ulama Indonesia Pusat bekerjasama dengan Rabithah Alam Islami ( Muslim World League) menggelar perhelatan Konferensi Internasional Agama, Perdamaian dan Peradaban, "International Conference on Religion, Peace and Civilization", selama 3 hari, Ahad hingga Selasa, 21-23 Mei 2023 di Jakarta. Acara dibuka secara resmi oleh Wapres Prof. Dr. KH. Ma’ruf Amin ini diikuti tidak kurang dari 250 peserta dari 23 negara.

Konferensi Internasional tersebut memiliki banyak signifikansi bagi terbangunnya dialog saling memahami keragaman dan perbedaan antar umat beragama baik bagi muslim maupun non muslim pada tataran nasional maupun global.

Dalam pernyataan yang diposting lewat akun instagram pribadinya, Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukuwah KH. Cholil Nafis Ph.D menjelaskan bahwa kegiatan ini digelar sebagai bentuk kontribusi MUI untuk "mengarusutamakan keberagaman sebagai kontribusi bagi terwujudnya peradamaian dan peradaban," unggahnya.

"Intinya terselenggaranya kegiatan MUI ini menjadi wadah untuk mengkaji dan mendiskusikan ajaran dan nilai-nilai agama yang dianut di Indonesia untuk bisa hidup bersama dengan rukun dan damai sebagai sebuah bangsa. Dari pemahaman diharapkan bisa saling menjaga , hidup berdampingan rukun saling menghormati adanya perbedaan dalam budaya bangsa yang beradab. Forum ini juga diharapkan dapat menemukan model serta strategi untuk menghadapi tantangan bersama di era global, meminimalisir dan mencegah terjadinya permusuhan, perpecahan dan konflik dengan dalih agama," unggahnya lagi.

Editor : Furqon Munawar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut