get app
inews
Aa Read Next : Serukan Boikot Produk Terafiliasi Israel, Gerbang Pronas dan Relawan Capres Demo Kantor MUI Pusat

Deklarasi Jakarta, Meniscayakan Keberagaman Demi Mewujudkan Perdamaian dan Peradaban

Rabu, 24 Mei 2023 | 14:26 WIB
header img
Deklarasi Jakarta, Meniscayakan Keberagaman Demi Mewujudkan Perdamaian dan Peradaban. (Foto : Istimewa)

Seperti diketahui Islam adalah agama yang megajarkan nilai-nilai washatiah/ moderasi atau pertengahan dalam sikap beragama, menolak liberalisme (over rasionalis sehingga mengabaikan teks-teks suci dan otoritatif keagamaan) dan menolak ekstrimisme (over tekstualis sehingga mengabaikan pemahaman nalar sehat dan nilai-nilai maqhosid /essensi, karena hal tersebut dapat memicu terjadinya benih-benih potensi pergesekan bahkan konflik dalam kehidupan beragama.


Maizar Madsury foto bersama rekan di arena Konferensi Internasional Agama, Perdamaian dan Peradaban di Jakarta. (Foto : Istimewa)

 

Di akhir Konferensi dihasilkan kesepakatan dengan nama Deklarasi Jakarta, berisi 3 poin seruan, yaitu:

  • Pertama, Agama adalah sumber ajaran trasformasional sebagai pedoman bagi penganutnya untuk hidup damai, harmoni, dan menjadi inspirasi dalam membangun peradaban. Karena mengajarkan n ilai-nilai universal, seperti hak dan kewajiban asasi manusia, toleransi,kesetaraan dan persaudaran kemanusiaan.
  • Kedua, Perbedaan adalah keniscayaan, pemerintah dan kekuatan civil society harus berupaya menjaga, menghormati dan melindunginya serta mendorong menjadi kekuatan bersama dalam membangun kemajuan peradaban untuk itu kerukunan antar umat beragama harus terus dilakukan.
  • Ketiga, Diperlukan langkah kongkret secara bersama memperkokoh aliansi global dalam ikut serta dalam menyelesaikan berbagai konflik melalui dialog agar dapat menciptakan keamanan, perdamaian dan dapat berasama-sama membangun peradaban.

Demikian seruan Deklarasi Jakarta. Semoga bisa terwujud dan MUI terus istiqomah dalam mengayomi ummat dan menjadi lokomotiv kerukunan dan perdamaian bukan hanya bagi masyarakat di Indonesia namun juga menjadi model di seluruh dunia.

(Dikutip iNewsBogor.id dari Narasumber Maizar Madsury, Komisi Ukhuwah Islamiyah MUI Kota Bogor, Deputi Direktur At Taufiq Center for Islamic Education and Civilization )

Editor : Furqon Munawar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut