get app
inews
Aa Read Next : Tak Gentar Hadapi Guinea Skuad Timnas U-23 Selangkah Lagi Menuju Olimpiade Paris 2024

Target Utama Shin Tae-yong Ingin Ubah Sistem Sepak Bola Indonesia

Senin, 10 Januari 2022 | 10:54 WIB
header img
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (Foto: AFF)

Hal itu yang menghambat kaderisasi para pemain muda untuk memecahkan telur prestasi di tingkat ASEAN bahkan dunia suatu saat nanti.

“Indonesia adalah tim dengan rata-rata pemain tertua di Asia Tenggara. Tapi sekarang rata-rata tim seniornya berusia 21,5 tahun,” lanjutnya.

“Karena saya bukanlah orang yang akan terus berada di sana. Bagaimanapun saya harus menempa pemain muda dan merubah sistemnya. Saya berusaha membuat tim dengan pemikiran seperti itu,” pungkasnya.

Hal yang menjadi tujuan dasar mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu ke Indonesia adalah untuk merubah sistem sepak bola Tanah Air. Dia sadar bahwa kehadirannya di Indonesia bersifat sementara dan tidak bisa menjamin untuk menetap selamanya.


Oleh karena itu Shin Tae-yong mengatakan bahwa dia ingin meninggalkan sebuah pemikiran yang maju untuk Skuad Garuda. Dia tidak ingin terlalu fokus dalam hal prestasi semata, karena itu hanya bersifat sementara walau memang kenangannya akan abadi.

“Sebenarnya saya ke Indonesia untuk mengubah sistem sepak bolanya. Daripada terlalu menitik beratkan pada prestasi, saya berpikir bahwa akarnya harus kuat agar ke atasnya juga kuat,” ungkap Shin Tae-yong kepada Myeongjangdeul menjelang tahun baru 2022.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut