get app
inews
Aa Read Next : DPR-Pemerintah Sepakat Gubernur DKJ Dipilih Lewat Pilkada

Timwas Haji DPR Soroti Pengelolaan SDM Penyelenggraan Haji yang Dinilai Belum Rapi

Senin, 26 Juni 2023 | 19:51 WIB
header img
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Diah Pitaloka bersama Timwas Haji DPR. Foto: iNewsBogor.id/istimewa

MEKKAH, iNewsBogor.id - Tim Pengawasan Haji DPR meninjau pengelolaan sumber daya manusia (SDM) penyelenggara haji. Salah satu kesimpulan yang ditarik dari temuan kajian Tim pengawas DPR adalah pengelolaan SDM penyelenggara haji yang belum tertata dengan baik.

Tim pemantau haji yang memeriksa SDM penyelenggara haji diketuai Diah Pitaloka, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Anggota Timwas yang ikut dari komisi VIII DPR RI antara lain Ina Ammania, Hasan Basri Agus, Maman Imanul Haq, Nanang Samodra dan dari Anggota Komisi IX DPR RI, Rahmad Handoyo.

Pada Sabtu (24/6/2023), Tim awalnya melakukan pengecekan akomodasi jamaah haji Indonesia di Sektor 1 dan Sektor 2 kawasan Mahbas Jin di Mekkah. Tim kemudian berpindah ke Kantor Urusan Haji RI yang berada di wilayah kerja Syisah Mekkah.

Dalam tinjauan pengawasan haji di Tanah Suci, Diah Pitaloka mengatakan, Tim pengawas mendapat kabar ada petugas haji yang mendampingi enam sampai sepuluh jemaah, jumlah itu tidak cukup, karena jamaah masih mengeluhkan bantuan tersebut.

"(Keluhan) itu misalnya, di kloter ada lansia, tapi petugasnya tidak bisa intens mendampingi. Memang kalau bicara komposisi petugas agak terlalu berat mendampingi satu per satu jemaah haji. Akhirnya solusinya dari teman-teman sekamar di kloter itu membantu untuk saling menolong bagi lansia yang membutuhkan asistensi," katanya.

Editor : Ifan Jafar Siddik

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut