get app
inews
Aa Read Next : Sosok Ade Wardhana Serius Bertarung di Pilbup Bogor 2024 Bawa Semangat Perubahan

Anggota DPR RI Ravindra Airlangga Desak Pemerintah Bantu UMKM Sektor Ikan Hias Kabupaten Bogor

Jum'at, 06 Oktober 2023 | 17:34 WIB
header img
Anggota DPR RI Ravindra Airlangga Desak Pemerintah Bantu UMKM Sektor Ikan Hias Kabupaten Bogor. (Foto : Istimewa)

BOGOR, iNewsBogor.id - Kabupaten Bogor merupakan penyumbang utama ekspor ikan hias secara nasional. Namun kontribusi pemerintah masih minim. Demikian pernyataan Ravindra Airlangga pada acara bimbingan teknis sektor perikanan dan kelautan di Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor (05/10/2023).

Anggota DPR-RI dari Fraksi Partai Golkar itu mengatakan, nilai ekspor ikan hias nasional mencapai 33 juta USD, dan itu sebagian besar berasal dari Kabupaten Bogor. "Sayangnya, nilai kontribusi Pemerintah sejauh ini baru 1 persen dari APBN. Itu tidak cukup,” kata Ravindra.

Ravindra menyampaikan ini saat hadir dalam acara Bimbingan Teknis pelaku UMKM di Kabupaten Bogor di sektor Perikanan dan Kelautan. Bimbingan Teknis itu diikuti 160 pelaku usaha dari sekitar Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor.Lulusan S-2 di bidang Bioteknologi dari John Hopkins University, Amerika Serikat, itu menambahkan, potensi besar Kabupaten Bogor tidak hanya di sektor ikan hias, tapi juga budidaya ikan secara umum.

“Hasil ikan dari budidaya saat ini sudah melampui jumlah ikan konsumsi dari hasil tangkap dari laut lepas,” tambah wakil rakyat (DPR RI) dari Dapil Jabar V, Kabupaten Bogor, tersebut.


Anggota DPR RI, Ravindra Airlangga bersama para peserta Bimtek sektor perikanan dan kelautan di Kabupaten Bogor. (Foto : Istimewa)

 

Ropan Sukmawijaya (33 th), salah seorang peserta Bimbingan Teknis yang juga pelaku usaha budidaya ikan hias, mengamini pernyataan Ravindra. Ropan mengaku budidaya ikan hias jenis cupang selama ini mampu mencukupi keluarganya, bahkan dirinya mampu melayani permintaan dari mancanegara.

Editor : Furqon Munawar

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut