get app
inews
Aa Read Next : Pakar HTN Dr Radian Syam Sebut Nama Nomenklatur Baru untuk Penambahan Kementerian dan Lembaga Baru

Kualitas KA PT INKA Buruk, Mulyanto Desak 3 Kementerian Cari Solusi

Selasa, 31 Oktober 2023 | 12:43 WIB
header img
Anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto. (Foto: istimewa).

JAKARTA, iNewsBogor.id - Anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto, mengeluarkan seruan tegas kepada Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, dan Kementerian Perindustrian beserta PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk segera mencari solusi terkait masalah kualitas Kereta Api (KA) produksi PT INKA yang digunakan dalam Layanan Rel Terpadu (LRT) Jabodebek.

Permasalahan ini muncul setelah adanya keluhan mengenai kondisi LRT Jabodebek yang disebut bermasalah. Mulyanto mengungkapkan bahwa ketiga kementerian perlu melakukan evaluasi menyeluruh mengenai keputusan penggunaan KA produksi PT. INKA sebagai armada LRT.

Sebelumnya, sudah ada informasi yang mengindikasikan bahwa KA buatan PT. INKA tidak sesuai untuk angkutan penumpang sejenis KRL (kereta rel listrik), KRD (kereta rel diesel), LRT (light rail transit), atau trem.

Mulyanto meminta ketiga kementerian tersebut untuk bekerja sama mencari solusi guna mengatasi masalah ini. Ia menyoroti fakta bahwa, dengan segala pertimbangan yang ada, pemerintah akhirnya memilih KA produksi PT. INKA sebagai armada LRT.

Oleh karena itu, pihak yang terlibat dalam pengambilan keputusan tersebut perlu bertanggung jawab atas situasi saat ini.

"Terkait dengan kualitas produk KA dari PT. INKA yang membahayakan penumpang sehingga menyebabkan kegagalan operasi, Kementerian Perindustrian dan Kementerian BUMN harus memberikan teguran yang tegas kepada perusahaan plat merah ini. Karena terbukti bahwa produk yang dihasilkan tidak dapat digunakan sesuai standar yang seharusnya," tegas Mulyanto dalam keterangan tertulis, Selasa (31/10/2023).

Editor : Lusius Genik NVL

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut