Logo Network
Network

HMI untuk Indonesia, Gagasan Bagas Kurniawan Menuju Indonesia Berdaulat, Adil, dan Makmur

Patris Arifin
.
Selasa, 21 November 2023 | 01:09 WIB
HMI untuk Indonesia, Gagasan Bagas Kurniawan Menuju Indonesia Berdaulat, Adil, dan Makmur
Bagas Kurniawan, dengan ambisi menjadi Ketua Umum Pengurus Besar (PB HMI), mengemuka dengan visi yang revitalisasi dan progresif: #HMIUNTUKINDONESIA. (Foto: istimewa).

Berikut adalah ide-ide besar yang dibawa oleh Bagas Kurniawan untuk PB HMI:

1. Refleksi dan Regenerasi HMI

Di tengah tantangan zaman yang terus berubah, Bagas menekankan kebutuhan HMI untuk merefleksikan peran dan pencapaiannya sejarah. Refleksi ini bertujuan untuk memahami bagaimana HMI bisa beradaptasi, berevolusi, dan tetap relevan. 

Regenerasi, menurut Bagas, bukan hanya tentang memperbaharui kepemimpinan tetapi juga tentang merangkul ide-ide baru dan strategi yang inovatif.

2. Pemberdayaan Ekonomi: UMKM dan Ekonomi Hijau

Bagas mengidentifikasi bahwa salah satu kunci utama pembangunan ekonomi Indonesia adalah melalui pemberdayaan UMKM dan pengembangan ekonomi hijau. Fokus pada UMKM mencerminkan komitmen Bagas untuk pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berbasis komunitas. 

Sementara itu, ekonomi hijau menunjukkan kesadaran terhadap pentingnya pembangunan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

3. Menangani Isu Global dan Lokal

Gagasan Bagas mencakup wawasan yang luas tentang isu-isu global seperti kemiskinan, hegemoni ekonomi, dan politik internasional. Ini mencerminkan pemahaman bahwa HMI, dan Indonesia secara lebih luas, tidak bisa beroperasi dalam isolasi tetapi harus aktif dalam dialog dan kebijakan global. 

Di sisi lain, Bagas juga fokus pada pentingnya hilirisasi industri, mengembangkan blue economy, dan menguatkan otonomi daerah, yang semua ini berkontribusi pada pertumbuhan yang holistik dan berimbang.

Follow Berita iNews Bogor di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini