get app
inews
Aa Read Next : Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak Berharap Timnas U-23 Mampu Tumbangkan Guinea

Diskusi Media Center Indonesia Maju, 'Pembangunan IKN Untuk Bangun Peradaban Baru'

Kamis, 07 Desember 2023 | 22:08 WIB
header img
Diskusi Media Center Indonesia Maju, 'Pembangunan IKN Untuk Bangun Peradaban Baru'. (Foto: iNewsBogor.id/Martin)

Meski demikian, Bambang memastikan sekalipun IKN pindah. Namun Jakarta tetap akan hidup. Ia bahkan menganalogikan Nusantara sebagai Washington DC dan Jakarta sebagai New York yang kuat secara ekonomi. “Bila dibandingkan dengan membangun kota memang baik. Tapi membutuhkan anggaran yang jauh lebih besar,” tambahnya.

Senada Kepala Otorita IKN, Bambang Sutantono menegaskan pembangunan disana masih berproses diantaranya tiga dari lima rumah sakit sedang dibangun, sekolah dasar, pemukiman ASN, hingga penyiapan sebagai kota berteknologi.

“Bisa dikatakan peradaban akan jauh berteknologi dengan konsep people, nature, dan culture. Dan saya pastikan pembangunan di sana tidak hanya untuk kalangan menengah-atas tetapi hingga semua lapisan,” katanya sembari menegaskan transportasi umum yang dibangun akan dinamis. Artinya rute transportasi bisa jalan sesuai keinginan penumpang.

Termasuk mengenai kota satelit, Bambang menegaskan tidak hanya terfokus membangun Ibu Kota melainkan beberapa kota penyangga layaknya sebagai Bodetabek. “Ada 320 investor yang sejauh ini sangat serius sudah 50 dan kami bagi ke sembilan wilayah,” katanya.

Sementara itu milenial Dino Ardiansyah menyakini bila Nusantara akan menjadi kota dengan peradaban maju. Ini terungkap usai dirinya mendatangi kawasan itu pada Maret dan Juli 2023 lalu. “Saya terkagum dengan pembangunan disana,” tutupnya.

Editor : Furqon Munawar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut