get app
inews
Aa Read Next : Kecelakaan Bus Pariwisata di Subang, Komisi V DPR Dorong Sanksi Tegas untuk PO Bodong

Anggota DPR Minta Otorita IKN Hormati Masyarakat Kawasan

Senin, 18 Maret 2024 | 16:37 WIB
header img
Pemukiman warga di Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, 6 Maret 2023. Foto: REUTERS/Willy Kurniawan

JAKARTA, iNewsBogor.id - Anggota Komisi II DPR RI, Guspardi Gaus, menegaskan pentingnya Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk tidak melupakan masyarakat setempat yang telah lama tinggal di kawasan tersebut. Hal ini sebagai tanggapan atas dugaan penggusuran yang menghantui warga akibat pembangunan IKN.

Guspardi menegaskan perlunya menghindari skenario seperti pembangunan kota di negara lain yang menghilangkan keberadaan masyarakat asli.

"Dalam situasi tersebut, kita tidak boleh melupakan masyarakat asli yang sudah berdiam di sana," ujar Guspardi dalam rapat kerja Komisi II DPR RI bersama Otorita IKN di Kompleks Parlemen, Senin (18/3/2024).

Dia juga menyoroti kebenaran isu penggusuran tersebut, menyatakan bahwa jika hal itu terjadi, akan menjadi tindakan yang menyakitkan dan memalukan.

Guspardi mengungkapkan bahwa dia telah menjadi anggota panitia khusus (pansus) dan panitia kerja (panja) di DPR yang membahas pembuatan Undang-Undang IKN. Dalam pembahasan itu, DPR menekankan bahwa IKN harus menjadi kota yang inklusif.

"Kota ibu kota ini harus terbuka untuk semua, bukan hanya untuk sebagian kecil orang," tegasnya.

Editor : Furqon Munawar

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut