get app
inews
Aa Read Next : LSI Denny JA: Sendi Fardiansyah Berpotensi Menjadi Bintang Baru dalam Pemilihan Walikota Bogor

Ini Kata Analis Soal Pesan di Balik Bunga Anggrek Unggu Jokowi untuk Megawati

Rabu, 24 Januari 2024 | 14:11 WIB
header img
Analis politik menberikan penilaian terhadap pemberian bunga anggrek unggu Jokowi untuk ultah ke-77 Megawati. (Foto: istimewa).

JAKARTA, iNewsBogor.id - Analis politik dari Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang, Mikhael Rajamuda Bataona, memberikan analisis terhadap pemberian bunga Anggrek dan ucapan selamat ulang tahun ke-77 dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Megawati Soekarnoputri.

Menurutnya, ini adalah sebuah apresiasi politik yang memiliki makna simbolik yang sangat khas, terlebih lagi warnanya bukan merah.

"Dalam politik, hampir semua hal dilakukan dan dimanifestasikan melalui simbol-simbol. Sehingga ada ungkapan 'dalam politik, yang harus kamu lakukan adalah, kamu harus melihat tanpa menggunakan matamu'," ujar Mikhael, Rabu (24/1/2024).

Hal ini berarti bahwa peristiwa pemberian bunga Anggrek tidak hanya dilihat dari apa yang terlihat, tetapi perlu melihat hal-hal yang tak terlihat di baliknya atau memahami apa yang ada di balik itu.

Secara normatif, bunga Anggrek melambangkan kebangsawanan, keagungan, dan kehormatan seseorang.

Dalam konteks ini, Megawati adalah sosok yang memiliki ketiga identitas mulia tersebut, sehingga layak mendapatkan bunga anggrek.

Editor : Furqon Munawar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut