get app
inews
Aa Read Next : Anggota MPR: Dukungan Kemerdekaan untuk Palestina Harus Diperjuangkan Lebih Serius

Jokowi Bela Palestina di Australia, Gerbang Pronas: Penting Galang Solidaritas Hingga Boikot Produk

Jum'at, 08 Maret 2024 | 17:48 WIB
header img
Ketua Gerbang Pronas, Fuad Adnan (tengah). (Foto : Istimewa/MAK)

“Harapan kami, Presiden Jokowi juga ikut menyerukan untuk memboikot produk terafiliasi Israel. Apalagi dengan keberadaan Fatwa MUI Nomor 83 Tahun 2023, gerakan boikot ini semestinya mampu menjadi gerakan yang meluas dan dapat menjadi alat tekan bagi personal dan perusahaan-perusahaan pendukung aksi keji Israel di Palestina,” ujarnya.

Mengutip data Al Jazeera pada 2018 lalu, aksi boikot yang berlangsung di seluruh dunia mampu menimbulkan kerugian hingga Rp 11,5 miliar dolar AS atau sekitar Rp180,48 triliun. Pada momentum terakhir, Fuad memprediksi aksi boikot produkIsrael.dan produk terafiliasiIsrael ini mampu membuat perekonomian Israel menjadi sangat terganggu.

“Perkiraansaya, dampak aksi boikot produk Israel dan produk terafiliasi Israel padamomentum kali ini benar-benar dahsyat menganggu perekonomian negara IsraHelltersebut,” tutur dia.

Sependapat Fuad, Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas menegaskan bahwa semua produk yang berasal dari Israel atau perusahaan yang mendukung Israel hukumnya haram untuk dibeli.  Anwar juga menyarankan agar pemerintah memblokir produk-produk Israel. Namun, ia juga menyadari bahwa tidak semua produk bisa diblokir, terutama produk-produk yang memiliki urgensi tinggi seperti alat dan material. Untuk produk makanan bisa diganti dengan produk lokal atau dari negara lain yang lebih mendukung keadilan.

Editor : Furqon Munawar

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut