get app
inews
Aa Read Next : Kominfo Gandeng Indosat dan Mastercard untuk Latih Satu Juta Talenta Keamanan Siber

Indosat Tbk Catat Kinerja Solid dan Siap Perkuat Transformasi Menuju AI Native TechCo di Tahun 2024

Selasa, 21 Mei 2024 | 18:53 WIB
header img
PT Indosat Tbk (“Indosat” atau “IOH” atau “Indosat Ooredoo Hutchison” atau “Perseroan”) telah mencatatkan pencapaian keuangannya secara signifikan sepanjang tahun 2023. Foto: Istimewa

JAKARTA, iNewsBogor.id – PT Indosat Tbk ("Indosat" atau "IOH" atau "Indosat Ooredoo Hutchison" atau "Perseroan") mencatat pencapaian keuangan signifikan sepanjang tahun 2023. Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2024 yang digelar di Kantor Pusat Indosat, disetujui pembagian dividen tunai dari laba bersih tahun buku 2023 sebesar Rp2.164.029.415.416 atau setara dengan Rp268,4 per saham kepada para pemegang saham.

Dividen ini mencerminkan sekitar 48% dari laba bersih Perseroan dan akan dibayarkan paling lambat 30 hari setelah diumumkannya ringkasan risalah Rapat. Sisa laba bersih sebesar Rp2.342.362.811.976 akan dialokasikan ke laba ditahan.

Vikram Sinha, President Director dan CEO Indosat Ooredoo Hutchison, menyatakan, “Pencapaian kinerja yang solid ini merupakan hasil kontribusi dari para karyawan, kolaborasi dengan mitra strategis, pelanggan yang loyal, dan kepercayaan para pemegang saham. Kami berterima kasih atas dukungan yang menemani perjalanan Indosat menuju AI Native TechCo. Dengan fokus pada inovasi teknologi dan pengembangan AI, kami siap memberikan nilai lebih kepada pemegang saham dan menghadirkan pengalaman digital terbaik bagi pelanggan.”

Pertumbuhan Keuangan yang Signifikan

Hingga kuartal pertama tahun 2024, Indosat mencatat total laba bersih sebesar Rp1,29 triliun, meningkat 39,4% dibandingkan tahun sebelumnya (Year-on-Year/YoY). EBITDA mengalami pertumbuhan 22,1% YoY mencapai Rp6.509 miliar, mendorong kenaikan EBITDA Margin menjadi 47,0%. Laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk juga meningkat 39,4% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Komitmen Terhadap Ekspansi dan Inovasi

Indosat terus melanjutkan ekspansi jaringan BTS 4G serta peningkatan cakupan distribusi produk dan pelayanan melalui Mini Gerai IM3 dan 3Kiosk di berbagai pelosok pedesaan, termasuk wilayah timur Indonesia.

Untuk mendukung transformasi menjadi AI Native TechCo, Indosat akan terus berinvestasi dalam pengembangan sumber daya manusia berbasis teknologi, meningkatkan kualitas layanan, dan memperluas konektivitas. Ini didukung oleh kemitraan strategis dengan NVIDIA sebagai Cloud Partner Provider pertama di Indonesia serta inisiatif pemberdayaan perempuan dan UMKM.

Keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan

Selain pembagian dividen, RUPST juga memutuskan agenda berikut:

  1. Persetujuan atas laporan tahunan dan pengesahan laporan keuangan tahun buku 2023.
  2. Persetujuan penggunaan laba bersih tahun buku 2023.
  3. Persetujuan remunerasi Dewan Komisaris untuk tahun 2024.
  4. Penunjukan Akuntan Publik untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2024.
  5. Perubahan susunan Direksi dan/atau Dewan Komisaris.

Komitmen untuk Masa Depan yang Berkelanjutan

“Transformasi ini bukan sekedar langkah Perseroan, tetapi juga tonggak penting dalam memajukan negeri. Kami berkomitmen menjalankan strategi dengan tepat dan mengarahkan inovasi untuk mendukung masa depan Indonesia yang berkelanjutan,” tutup Vikram.

Dengan pencapaian ini, Indosat menunjukkan kinerja yang solid dan kesiapan untuk memperkuat transformasi menuju AI Native TechCo, menghadirkan layanan terbaik dan inovatif bagi pelanggan serta pemegang saham.

Editor : Ifan Jafar Siddik

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut