get app
inews
Aa Read Next : Satgas Jabar Putih PKS Kabupaten Bogor Siap Menangkan Pilgub dan Pilkada, Wasto: Kami Akan All Out

Pemkab Bogor Luncurkan Universal Health Coverage, Jaminan Kesehatan bagi Masyarakat Kurang Mampu

Rabu, 26 Juni 2024 | 17:04 WIB
header img
Pj Bupati Bogor, Asmawa Tosepu disaksikan oleh unsur Forkopimda dan jajaran BPJS Kesehatan Cabang Cibinong Kabupaten Bogor memukul gong menandai peluncuran Universal Health Coverage. (Foto : Istimewa)

BOGOR, iNewsBogor.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor berasama BPJS Cabang Cibinong Kabupaten Bogor Luncurkan Universal Health Coverage (UHC) Program Jaminan Kesehatan Nasional bagi masyarakat Kabupaten Bogor yang berlangsung di Gedung Serbaguna I Setda Kabupaten Bogor, Rabu (26/6/2024).

Penjabat Bupati Bogor, Asmawa Tosepu mengungkapkan, diluncurkannya Universal Health Coverag (UHC) di Kabupaten Bogor tentunya dapat memberikan jaminan layanan kesehatan gratis kepada masyarakat kurang mampu yang sudah dibiayai dari APBD Kabupaten Bogor.

"Mudah-mudahan diluncurkannya UHC masyarakat bisa menerima manfaat lebih besar lagi, pelayanan kesehatan lebih murah, lebih cepat dan mudah. Kami juga sampaikan agar masyarakat untuk tidak menggunakan pihak ketiga atau calo untuk mendaftarkan kepesertaan, karena sesungguhnya bisa dilakukan sendiri secara mandiri atau dengan meminta fasilitasi atau asistensi dari para petugas kita yang ada di lapangan," tegas Asmawa Tosepu.

Ia juga berharap seiring diluncurkannya UHC maka harapannya pertama layanan kesehatan masyarakat semakin bagus, fasilitas kesehatan yang ada baik di rumah sakit, puskesmas, klinik dan lainnya semakin baik. Karena melalui UHC ini memang pemerintah sudah mengcover untuk pembiayaan khususnya kepada masyarakat yang tidak mampu. Kemudian kedua, tentu menjadi kewajiban pemerintah termasuk BPJS Kesehatan untuk memperbaiki, meningkatkan layanan.


Pj Bupati Bogor, Asmawa Tosepu dan jajaran BPJS Kesehatan Cabang Cibinong usai peluncuran UHC bagi masyarakat kurang mampu di Kabupaten Bogor. (Foto : Istimewa)

 

Untuk optimalisasi pemanfaatan UHC ini, ia meminta kepada para camat untuk melakukan sosialisasi secara masif kepada warga masyarakat terutama terkait tata cara pendaftaran untuk masuk ke dalam sistem jaringan kesehatan nasional ini.

Editor : Furqon Munawar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut