get app
inews
Aa Read Next : Turnamen Mini Soccer Wakil Wali Kota Cup 2024: Mengasah Minat dan Bakat Siswa dalam Sepak Bola

Ratusan Siswa SMA Negeri 3 Cibinong Lulus 100%, Namun Kontroversi Pungutan Uang Perpisahan Muncul

Jum'at, 12 Juli 2024 | 11:39 WIB
header img
Rahmatullah, SH / Lembaga Pemerhati Kebijakan Pemerintah. Foto: iNewsBogor.id/ Istimewa

BOGOR, iNewsBogor.id - Sebanyak 429 siswa-siswi SMA Negeri 3 Cibinong (Smantic) merayakan kelulusan mereka dengan penuh kebanggaan setelah dinyatakan lulus 100% untuk Angkatan XVI tahun pelajaran 2023-2024. Namun, kebahagiaan mereka terusir oleh kontroversi terkait pungutan uang perpisahan yang mencapai Rp1,5 juta per siswa.

Sejumlah orang tua siswa mengungkapkan kekecewaan mereka atas pungutan ini, yang mereka anggap sebagai dana sumbangan perpisahan.

Taufik Hidayat, salah satu orang tua siswa, mengaku bahwa pihak sekolah seharusnya mengikuti imbauan Pj Gubernur Jawa Barat untuk menjalankan acara perpisahan secara sederhana.

"Ya jelas kecewa. Apalagi kan sebelumnya sudah ada imbauan dari Pj Gubernur Jabar melalui Dinas Pendidikan Jabar agar perpisahan sekolah digelar secara sederhana saja,” ucapnya.

Direktur Lembaga Pemerhati Kebijakan Pemerintah (LPKP), Rahmatullah, mengecam tindakan SMAN 3 Cibinong yang dianggap melanggar aturan dengan membebankan pungutan sebesar itu kepada siswa yang baru saja lulus. Menurutnya, hal ini melanggar imbauan dari Dinas Pendidikan Jawa Barat untuk menjaga kesederhanaan dalam kegiatan perpisahan.

Namun, Ketua Komite SMAN 3 Cibinong, Gerry M Suwaryo, membantah bahwa pihak sekolah atau komite terlibat dalam pungutan tersebut.

"Perpisahan bukan agendanya sekolah atau komite. Adanya perpisahan kehendak siswa dan orang tua siswa. Dan panitianya pun dari orang tua siswa, termasuk yang memegang keuangan. Komite hanya membimbing saja dan tidak semua siswa untuk dipaksakan iuran,” ucap Gerry.

Menurutnya, acara perpisahan diinisiasi oleh keinginan siswa dan orang tua, dan komite hanya membimbing. Ia menegaskan bahwa pihaknya telah mengikuti prosedur yang ada.

Kepala SMAN 3 Cibinong, Asep Anwar, saat dikonfirmasi hanya menyatakan keterbatasan untuk memberikan tanggapan lebih lanjut karena sedang dalam masa pemulihan pascaoperasi.

Acara perpisahan yang dilaksanakan di gedung Bagas Raya, Kecamatan Cibinong, pada Kamis (16/5/2024) lalu, dihadiri oleh beberapa pihak termasuk Kantor Cabang Dinas (KCD) Wilayah I Jawa Barat dan perwakilan Kecamatan Cibinong. Tema yang diangkat adalah "Step Forward To Pick Up The Bright Future In a New Life and New World", sebagai momen penting bagi 429 siswa dan siswi yang melangkah ke fase baru dalam kehidupan mereka.

Editor : Ifan Jafar Siddik

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut