get app
inews
Aa Read Next : 669 Taekwondoin dari Lima Provinsi Ikuti Ajang IPB Cup 2024

Aplikasi BTAX 2.0, Inovasi BAPPENDA Kabupaten Bogor Dorong Optimalisasi Pajak Daerah

Jum'at, 12 Juli 2024 | 23:35 WIB
header img
Jajaran Bappenda Kabupaten Bogor saat rapat membahas peluncuran inovasi BTAX 2.0. (Foto : Istimewa)

BOGOR, iNewsBogor.id - Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (BAPPENDA) Kabupaten Bogor kembali membuat gebrakan dengan meluncurkan inovasi terbaru mereka, Bappenda Taxpedia (BTAX 2.0). Aplikasi ini dirancang untuk mengatasi berbagai tantangan dalam pengelolaan pajak daerah, terutama terkait pendataan dan pemutakhiran data potensi pajak daerah.

Mengacu pada Peraturan Daerah Kabupaten Bogor Nomor 3 Tahun 2021 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bogor Tahun 2018-2023, Bupati dan Wakil Bupati Bogor telah menetapkan visi dan misi yang harus dicapai dalam periode lima tahun tersebut. Untuk mendukung visi dan misi tersebut, diperlukan kebijakan, program, dan kegiatan strategis yang efektif, salah satunya adalah dengan optimalisasi pendapatan daerah melalui inovasi dalam pengelolaan pajak.

"BTAX 2.0 merupakan solusi yang kami tawarkan untuk mengatasi permasalahan dalam pengelolaan pajak daerah, seperti belum lengkapnya data pajak dan kesulitan dalam penetapan target serta penagihan. Aplikasi ini akan memungkinkan pemutakhiran data potensi pajak secara real-time dan lebih akurat," ujar Andri Hadian, Kepala BAPPENDA Kabupaten Bogor.


Para operator aplikasi BTAX 2.0 jajaran Bappenda Kabupaten Bogor. (Foto : Istimewa)

 

Kabupaten Bogor, dengan 40 kecamatan, 416 desa, dan 19 kelurahan, memerlukan strategi yang efektif untuk menggali potensi pendapatan daerah. Data dari RPJMD Kabupaten Bogor Tahun 2018-2023 menunjukkan bahwa proyeksi pendapatan daerah masih belum mampu menutupi kebutuhan belanja daerah. Oleh karena itu, pengelolaan potensi pajak daerah melalui aplikasi BTAX 2.0 diharapkan dapat mendongkrak pendapatan daerah secara signifikan.

Editor : Furqon Munawar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut