get app
inews
Aa Read Next : Kisah Haru Warga Bogor yang Tidak Bisa Mudik Lebaran 2024

Dilarang Mudik, Tips Merawat Mobil Agar Tetap Ngacir Selama Lebaran

Sabtu, 15 Mei 2021 | 09:28 WIB
header img
Ilustrasi - Interior mobil (Pixabay)

BogorRaya, iNews.id -  Sebelum pandemi COVID-19, umumnya pemilik kendaraan menggunakan mobilnya untuk mudik lebaran ke kampung halaman. Sebelum berangkat, mereka akan memastikan kendaraan layak jalan. SEcara tidak langsung, mudik lebaran 'memaksa' pemilik kendaraan merawat mobil mereka.

Tahun ini pemerintah resmi melarang kegiatan mudik lebaran untuk mencegah penyebaran COVID-19. Dengan kebijakan ini, banyak mobil yang 'menganggur' di garasi. Kalau pun digunakan tidak untuk jarak jauh.

Pemilik mobil dapat memanfaatkan momen libur lebaran tanpa mudik ke kampung halaman dengan merawat mobil kesayangan. Berikut tips perawatan mobil di rumah agar kondisinya tetap prima seperti dikutip dari Auto2000: 

1. Membersihkan noda di bagian luar mobil (eksterior)

Mobil yang sering digunakan akan sulit terhindar dari noda, termasuk cipratan dari bahan aspal. Biasanya cipratan menimbulkan noda di bagian bumper atau side skirt paling bawah.

Noda bekas cipratan itu bisa dibersihkan dengan cairan khusus. Pilih cairan yang telah teruji ampuh dan tetap merusak lapisan cat.

2. Cek cairan

Perawatan lainnya yang kelihatannya sepele tetapi penting adalah mengecek cairan seperti oli mesin, minyak rem, wiper fluid, air aki dan air radiator. Jika ada yang kurang, tambahkan cairan sehingga tercukupi.

3. Cek alur ban

Komponen penting lainnya yang harus dicek adalah ban mobil kerena berhubungan dengan keselamatan dalam berkendara. Lakukan inspeksi pada alur ban.

Bersihkan kerikil yang menyangkut pada alur ban dengan menggunakan obeng minus. Selain itu cek tekanan angin serta menyemir ban agar tampilannya bersih dan mengkilap.

4. Bersihkan bagian dalam mobil (interior)

Perawatan bagian interior bisa mulai dengan membersihkan lantai kabin. Lepas seluruh karpet dari lantai kemudian bersihkan kotoran yang yang menempel pada lantai kabin. Gunakan alat seperti sapu kecil, sikat atau vacuum cleaner. Bersihkan bagian berdebu menggunakan lap bersih.

5. Mengatur ulang tata letak barang

Agar terlihat lebih fresh, atur ulang tata letak di kabin mobil dengan mengeluarkan barang bawaan yang dinilai perlu. Pilih barang bawaan yang benar-benar dibutuhkan dan tempatkan secara rapi pada bagian kabin. Semakin sedikit barang bawaan, kabin mobil akan terlihat lebih rapi.

Editor : Hilman Hilmansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut