get app
inews
Aa Read Next : Buntut Penertiban di Jalur Puncak, Mahasiswa dan Warga Demo Tuntut Pj Bupati Bogor Pulang ke Kendari

Kiat Sukses Belajar di Era Revolusi Industri 4.0 dan VUCA

Jum'at, 13 September 2024 | 07:35 WIB
header img
Ratusan Mahasiswa Baru Universitas Ibn Khaldun Bogor tengah mengikuti kuliah terbuka Dr Rimun Wibowo terkait Kiat Sukses Belajar di era Revolusi Industri 4.0 Dunia dan VUCA. (Foto : Istimewa/iNewsBogor.id)

BOGOR, iNewsBogor.id - Sebagaimana diketahui, para mahasiswa baru akan memulai perjalanan akademis mereka di perguruan tinggi pada pekan pertama September 2024 ini.

Seiring dengan perubahan zaman yang serba cepat, Dr. Rimun Wibowo, SP, M.Si., Ketua Program Studi Ilmu Lingkungan di Fakultas Teknik dan Sains, Universitas Ibn Khaldun Bogor, berbagi pandangannya tentang kiat sukses bagi mahasiswa dalam menghadapi tantangan Era Revolusi Industri 4.0 dan dunia VUCA.

Revolusi Industri 4.0 dan Dunia VUCA

Perkembangan teknologi yang pesat, terutama dalam Revolusi Industri 4.0, membawa perubahan besar dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Teknologi seperti kecerdasan buatan (AI), Internet of Things (IoT), big data, dan cloud computing, kini sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Di samping itu, dunia saat ini sering digambarkan dengan istilah VUCA, yang merupakan singkatan dari Volatility (Pergejolakan), Uncertainty (Ketidakpastian), Complexity (Kompleksitas), dan Ambiguity (Ketidakjelasan).


Dr Rimun Wibowo, Ketua Prodi Ilmu Lingkungan Fakultas Teknik dan Sains Universitas Ibn Khaldun Bogor. (Foto : Istimewa/iNewsBogor.id)

 

Dr. Rimun menjelaskan, “Revolusi Industri 4.0 mempercepat dan memperkuat tantangan-tantangan di dunia VUCA. Perubahan cepat ini membuat kita harus selalu siap beradaptasi. Baik individu maupun organisasi perlu bergerak cepat untuk tetap relevan," ungkapnya.

Editor : Furqon Munawar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut