get app
inews
Aa Read Next : Pekan Ta'aruf UIKA Bogor, Pengenalan Kampus dan Wawasan Kebangsaan Bagi Mahasiswa Baru

Kiat Sukses Belajar di Era Revolusi Industri 4.0 dan VUCA

Jum'at, 13 September 2024 | 07:35 WIB
header img
Ratusan Mahasiswa Baru Universitas Ibn Khaldun Bogor tengah mengikuti kuliah terbuka Dr Rimun Wibowo terkait Kiat Sukses Belajar di era Revolusi Industri 4.0 Dunia dan VUCA. (Foto : Istimewa/iNewsBogor.id)

4. Inovasi

"Inovasi bukan hanya soal menciptakan hal baru, tetapi juga bagaimana memperbaiki apa yang sudah ada," ujar Dr. Rimun. Era Revolusi Industri 4.0 mendorong mahasiswa untuk berpikir kreatif dan menemukan solusi baru atas masalah yang dihadapi.

5. Jiwa Kewirausahaan

Terakhir, Dr. Rimun mengajak mahasiswa untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan. "Ini bukan hanya soal memulai bisnis, tetapi lebih pada memiliki pemikiran visioner, berani mengambil risiko, dan melihat peluang di balik tantangan," jelasnya. Jiwa kewirausahaan ini dapat diterapkan dalam belajar maupun kehidupan sehari-hari.

Kesimpulan

Dr. Rimun menutup dengan pesan penting bagi mahasiswa. “Kesuksesan di era ini tidak hanya tentang apa yang kalian pelajari, tetapi juga bagaimana kalian belajar. Masa depan kalian dimulai dari sini, dan kalianlah penciptanya.”

Sebagai Ketua Program Studi Ilmu Lingkungan di Universitas Ibn Khaldun Bogor, Dr. Rimun berharap para mahasiswa dapat menerapkan keterampilan-keterampilan tersebut agar siap menghadapi perubahan dan tantangan di masa depan. Adaptasi yang cepat dan inovatif adalah kunci untuk tetap relevan di dunia yang terus berkembang.

Editor : Furqon Munawar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut